Liputan Khusus

Edukasi Masyarakat Terkait Penyebaran Covid-19, 3.030 Jurnalis Ikuti Program FJPP 2021

 

WajoTerkini.Com, Sengkang – Dianggap efektif membantu pemerintah dalam menekan angka penyebaran COVID-19, Sebanyak 3.030 jurnalis yang bertugas diberbagai daerah di Indonesia kembali mengikuti Program Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku (FJPP) yang digelar Satgas Penanganan Covid-19 dan Dewan Pers periode Kedua tahun 2021.

Dalam Virtual briefing terhadap 3.030 jurnalis yang lolos seleksi, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan, pemerintah tetap akan bertindak tegas untuk menegakkan aturan demi pencegahan penularan Covid-19.

‘’Pemerintah tegas soal larangan mudik, meskipun kami dibilang cerewet tetap kami ingatkan jangan mudik, tujuannya untuk kepentingan serta kebaikan bersama, jangan sampai kita lengah malah membuat penyesalan dibelakang hari,’ tegas Kepala BNPB Doni Monardo. Senin (10/05/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pers M Nuh meminta para Jurnalis peserta FJPP tidak hanya menyajikan informasi belaka, namun dalam setiap penyajian pemberitaan hendaknya mengandung pengetahuan dan arahan positif bagi masyarakat luas.

‘’Melalui perjuangan rekan – rekan wartawan ini diharapkan menumbuhkan kesadaran serta masyarakat ikut bertanggung jawab dalam mencegah penularan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Wartawan, para peserta FJPP, kalian adalah para pejuang yang berada di garis terdepan dalam menanggulangi Covid-19, selamat berjuang,’’ Pinta M. Nuh.

Panitia FJPP Imam Wahyudi dari mengatakan, FJPP periode pertama Oktober-Desember 2020 memroduksi sebanyak 172.027 item berita, terdiri dari 836 item berita media cetak, 1.405 media siber, 92 berita radio, dan 697 berita televisi.

‘’Antusiasme teman-teman media pada program FJPP ini sangat luar biasa, terbukti, walaupun program ini belum berlanjut, namun semangat para jurnalis untuk menulis berita pencegahan Covid-19 masih tinggi. Tercatat, dari periode Januari-April 2021, terdapat 1.770 item berita yang dikirim wartawan,’’ paparnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Hery Trianto menjelaskan pada periode pertama yakni Oktober-Desember 2020, FJPP diikuti oleh 5.084 peserta dengan tiga angkatan. akan tetapi setelah melalui evaluasi dan penilaian selama periode pertama, yang berhasil lolos seleksi pada periode ke dua sebanyak 3.030 peserta.

“Pemilihan 3.030 peserta FJPP periode Mei-Desember 2021 ini merupakan bentuk apresiasi kami atas para peserta fellowship yang telah dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab menjalankan KPI (key performance indicator) yang telah diputuskan penyelenggara FJPP,’’ papar Hery,

Jurnalis peserta FJPP periode kedua ini akan mengikuti program lebih panjang, yaitu 8 bulan kedepan terhitung sejak bulan Mei hingga Desember 2021.(red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close