Berita Terkini

Peringatan Pramuka ke-60, Bupati Wajo: Sangat Relevan Masa Pandemi, Pramuka Berbakti Tanpa Henti

 

WajoTerkini.Com, Sengkang – Upacara peringatan hari pramuka ke- 60 tahun 2021 tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo, digelar dilaksanakan secara sederhana, terbatas dan dengan rotokol kesehatan ketat, wajib masker dan jaga jarak aman di Ruang Pola kantor Bupati Wajo. Kamis, 19 Agustus 2021.

Selain itu, peringatan Hari Pramuka tingkat Kabupaten Wajo yang digelar di masa pandemi covid-19 itu juga diikuti oleh Kwartir Ranting (Kwarran) 14 kecamatan secara virtual.

Dalam sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, dibacakan Bupati Wajo, mengatakan, gerakan pramuka memang bukan merupakan gerakan peringatan Hari Pramuka ke-60 di tahun 2021, kerena masih dalam situasi pandemi covid-19.

“Itulah mengapa tema yang diangkat adalah ‘Pramuka Berbakti Tanpa Henti Dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional. Sementara, slogan dari tema tersebut adalah “Pramuka Berbakti Tanpa Henti,” ujarnya.

Amran Mahmud menjelaskan, Gerakan Pramuka bukan organisasi yang bergerak dibidang bantuan sosial. Namun sebagaiamana disebutkan dalam Kode Kehormatan berupa Satya dan Dharma Pramuka, Pramuka tetap menunjukkan baktinya membantu mereka yang membutuhkan bantuan apalagi di masa masa sulit ini.

Hal tersebut juga, lanjutnya, sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka pada Hari Pramuka tahun lalu, agar pramuka melaksanakan dua Gerakan. Gerakan Kedisiplinan Nasional untuk membantu mematuhi protokol kesehatan. Kedua, Gerakan Kepedulian Nasional dengan cara mewujudkan sikap empati dan menolong sesama hidup.

“Kedua gerakan tersebut masih sangat relevan hingga saat ini. Saya mengajak para pramuka untuk mewujudkannya dan memadukan dengan slogan yang merupakan inti tema Hari Pramuka “Pramuka Berbakti Tanpa Henti,”sebut Amran Mahmud.

Namun kata dia, pada bulan Agustus ini, kegiatan bakti tersebut ditingkatkan dan dilipatgandakan. Kondisi pandemi saat ini telah berdampak pada banyak hal, termasuk pada kegiatan kepramukaan. Banyak kegiatan terpaksa terhenti, termasuk latihan tatap muka di setiap Gugus Depan Pramuka karena kondisi dalam masa pandemi Covid 19.

“Meski demikian, seorang Pramuka tidak boleh menyerah dan berputus asa. Justru kondisi seperti ini harus dihadapi dengan semangat Pramuka yang rela menolong dan tabah,”harapnya.(MY)

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close