Buton Tengah

Puluhan Kader Pramuka Bagikan Takjil Gratis, Ketua Kwarcab Buteng Beri Apresiasi

WajoTerkini.com, BUTON TENGAH – Menjelang akhir bulan Ramadhan 1443 H, puluhan kader gerakan Pramuka dari Dewan Kerja Ranting (DKC) Sangia Wambulu, DKR Gu, serta Dewan Kerja Cabang (DKC) Buton Tengah (Buteng), yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Relawan Pramuka Peduli, membagikan takjil gratis kepada masyarakat, Kamis (28/4/2022).

Pembagian takjil tersebut dipusatkan di depan Sekretariat Kawartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Buton Tengah, jalan poros Lombe-Labungkari.

Kepada awak WajoTerkini.com, Ketua Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Pramuka Peduli Buton Tengah, Asrimi, S.Pd.SD mengungkapkan bahwa, kegiatan berbagi takjil gratis merupakan agenda tahunan setiap bulan Ramadhan.

“Mudah-mudahan kegiatan kita kedepannya bisa lebih meriah lagi, misalnya ditambah dengan pembagian sembako untuk warga kurang mampu, supaya bisa lebih menyentuh hati masyarakat,” ungkapnya.

Sejumlah kader Pramuka Buton Tengah sesaat sebelum membagikan takjil gratis kepada masyarakat.

Di tempat yang sama, Bendahara Kwarcab Pramuka Buteng, Sudirman, S.Pd menuturkan, pembagian takjil gratis menggunakan biaya operasional Kwarcab Buteng, sehingga kedepannya ia berharap agar dinas-dinas terkait bisa melakukan join partner dengan Kwarcab Buteng, melalui suntikan dana untuk kegiatan sosial di masyarakat.

“Di sini tentunya kita harapkan, bila ada kegiatan kemanusiaan yang berkaitan dengan penyaluran ke masyarakat, dinas terkait yang siapkan anggaran, nanti kader-kader Pramuka yang turut membantu untuk kelancaran kegiatan di lapangan,” tuturnya.

Ketua Satgas Pramuka Peduli Abidin, S.Pd., M.Si juga mengatakan bahwa, Satgas Pramuka Peduli maupun kader Pramuka Buteng secara umum, merasa terpanggil untuk melakukan salah satu amal kebaikan di bulan suci Ramadhan, melalui pembagian takjil.

“Mudah-mudahan kegiatan bagi-bagi takjil ini bisa bernilai pahala di sisi Allah SWT, dan bisa bermanfaat bagi masyarakat penerima,” kata Abidin.

“Tahun lalu itu bahkan kita ada juga kegiatan pembagian sembako ke masyarakat, untuk ke depan memang kita sudah rencanakan untuk meningkatkan kapasitas kegiatan, misalnya ditambah dengan menyantuni anak-anak yatim. Untuk tahun ini, karena padatnya agenda dan kesibukan sehingga kita hanya bisa berbagi ala kadarnya,” tambahnya.

Para kader Pramuka Buteng saat foto bersama menjelang pembagian takjil gratis.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Buteng, H. Kostantinus Bukide, SH., M.Si saat dikonfirmasi via telepon selulernya, menyampaikan apresiasinya kepada puluhan kader Pramuka yang terlibat dalam pembagian takjil gratis.

“Alhamdulillah adik-adik Pramuka Buton Tengah punya kepekaan dan kepedulian sosial terhadap masyarakat luas. Kedepannya insyaAllah kita bisa tingkatkan, mudah-mudahan bukan hanya bagi-bagi takjil, tapi mungkin bagi-baginya akan lebih besar lagi,” ujarnya.

Sekda Buteng ini juga berharap agar kader-kader Pramuka Buton Tengah semakin membangkitkan kekompakan dan dedikasi tinggi, dalam mengawal berbagai kegiatan yang bersifat amaliah untuk masyarakat.

Ia juga mengimbau, setiap kegiatan sosial maupun bagi-bagi takjil, jangan dilihat dari besar kecilnya nilai takjil, tapi lebih menumbuhkembangkan semangat rela berbagi antar sesama.

“Saya yakin kedepannya adik-adik Pramuka ini akan terbiasa dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat, karena mereka adalah calon-calon pemimpin masa depan bangsa. Seorang pemimpin tentunya harus memiliki hati nurani yang peka dan peduli terhadap kondisi masyarakat,” tutupnya. (Anto Buteng)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close