Berita TerkiniBerita Utama

Warga Sulit Peroleh Dokumen Kependudukan, Lurah Tobarakka Jemput Bola

Salahsatu penyebab warga susah memperoleh Dokumen kependudukan, diantaranya Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Akta Kelahiran karena mereka berdomisili jauh dari ibukota Kabupaten. Tak terkecuali warga Kelurahan Tobarkka Kecamatan Pitumpanua karena memang letaknya jauh dari Kota Kabupaten Wajo.

Mobil Pelayanan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wajo.

Meskipun di Kantor Kecamatan Pitumpanua ada pelayanan untuk memperoleh atau memperbahrui dokumen Kependudukan namun pelayanannya sangat tebatas. Hal itu disebabkan karena peralatannya yang tidak memadai, dan hanya melayani warga yang belum melakukan Perekeman atau pengambilan foto, selebihnya semua dilakukan di Kantor Dinas Catatan Sipil.

 

 

Olehnya itu untuk memberikan pelayanan yang prima kepada warganya, Lurah Tobarakka, Andi Yusri Jaya SE, langsung berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk memberikan pelayanan ditempat.

 

Dikatakan Andi Yusri, di Kelurahan Tobarakka, banyak warga yang membutuhkan pelayanan perbaharuan dokumen Kependudukan. “Salahsatunya ada beberapa warga yang memiliki anggota baru di Keluarganya namun belum terUp-date di KK, tentu itu memerlukan perbaharuan KK”.

“Dengan adanya mobil pelanyanan keliling dari Capil ini, warga hanya menyetor kelengkapan berkas KK di Kantor Kelurahan, selanjutnya Petugas dari Capil yang membawa ke Sengkang untuk menerbitkan KK yang baru”, terangnya.

Lurah yang baru seumur jagung menjabat Lura di Kelurahan Tobarakka mengatakan, “animo Masyarakat pada kegiatan ini sangat tinggi. Hal itu terbukti, ada 200 permohonan Pergantian Kartu Keluarga di dua lingkungan yaitu Lingkungan Tobessi dan Ading. Sementara Lingkungan Tobarakka dan Leworeng akan dijadwalkan setelah lebaran”.

Kepala Lingkungan Anding, M. arif sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Lurah Tobarakka dengan istilah jemput bola. “Berkat usaha dari Lurah Tobarakka mendatangkan mobil pelayanan dokumen Kependudukan dari Capil, sehingga warga sangat terbantu dan tidak perlu lagi ke Sengkang”, urainya.
Syafruddin Menroja

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close