AdvedtorialBerita TerkiniPemerintahanRagam

Persiapan Ikuti MTQ Tingkat Provinsi, Seleksi MTQ Digelar di Wajo

WajoTerkini.Com, Sengkang –Kegiatan seleksi MTQ tahun 2020 yang diinisiasi Kepala bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Wajo atas petunjuk Bupati Wajo dan Ketua LPTQ Kabupaten Wajo Wakil Bupati Wajo yang dilaksanakan di Hotel Ashar Sengkang, Selasa 24 Desember 2019.

“Peserta diharapkan 100 orang namun yang mendaftarkan diri sebanyak 190 orang. Acara ini akan berlangsung dari 24 sampai dengan 25 Desember 2019, dengan Tim Juri sebanyak 13 orang, yang semuanya memiliki pengalaman menjadi peserta MTQ Tingkat Nasional,” jelas Hj. Ernawati Aras Mustika selaku Kabag Kesra Setda Wajo.

Salah satu peserta seleksi MTQ, perwakilan Belawa

Sementara arahan Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo H. Amiruddin A, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh hadirin dan seluruh peserta seleksi MTQ tahun 2020 yang telah meluangkan waktu untuk hadir pada pembukaan hari ini.

“Tidak terasa hampir setahun yang lalu kita juga telah menyelenggarakan MTQ tingkat Kabupaten Wajo yang mana telah terpilih Qori’ dan Qoriah terbaik untuk mewakili Kabupaten Wajo pada MTQ tingkat Sulawesi Selatan,” kata Sekda Wajo.

“Pada hari ini juga, kita kembali akan melakukan seleksi MTQ tahun 2020 yang juga nantinya akan kembali mewakili daerah kita di tingkat Provinsi. Merupakan suatu kebahagian kita nantinya apabila peserta yang lolos seleksi nantinya mampu meraih predikat yang lebih baik di tingkat selanjutnya,” tambah Amiruddin.

Dikatakan kalau sebelum itu, dia ingin menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ bukan hanya semata-mata untuk diperlombakan. Akan tetapi lebih dari itu dia menginginkan ada nilain-nilai keagamaan, nilai religius yang tertanam di tengah-tengah masyarakat Wajo sebagai kota santri.

Juga dikatakan kalau Perkembangan Pendidikan islam dewasa ini, memang telah merangsang minat orang tua untuk membawa dan menyekolahkan anaknya di pesantren pesantren dan rumah-rumah hafidz, Hal tersebut sangat wajar mengingat degradasi sikap dan perilaku manusia saat ini lebih cenderung bersifat apatis dan tidak saling peduli dengan lingkungan sekitarnya.

“Pada kesempatan yang baik ini pula, saya menginginkan agar setiap pesantren dan rumah tahfidz yang ada di daerah kita mampu bekerja sama dan membina setiap masjid yang ada di Kabupaten Wajo agar memiliki Imam yang sudah memahami metode baca huruf alquran yang baik dan benar,” tutur H. Amiruddin A.

“Karena saya yakini jika setiap imam yang memimpin shalat berjamaah memiliki bacaan alquran yang baik dan benar, maupun nyanyian alquran yang merdu dapat mengundang jamaah untuk senantiasa shalat berjamaah di mesjid-mesjid terdekat,” Sekda Wajo menambahkan.

Adapun harapan Pemerintah Daerah menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo H. Amiruddin, A. dengan pelaksanaan kegiatan ini diantaranya.

Pertama Tim Seleksi melaksanakan tugas secara obyektif untuk melahirkan calon Peserta MTQ yang terbaik sebagai Duta Kabupaten Wajo, Kedua Para Peserta Seleksi mengikuti proses seleksi dengan mengexplore seluruh potensi dan kompetensi yang dimilikinya.

Ketiga diharapkan hasil seleksi, dengan peserta MTQ Kafilah Kabupaten Wajo dilakukan training center oleh Tim Pelatih yang benar benar profesional, dan yang ke empat Tim Seleksi menyusun data base pemetaan kompetensi peserta seleksi untuk dilakukan pembinaan dan pelatihan secara berkelanjutan persiapan MTQ berikutnya pada tahun 2022 dan STQ tahun 2021.

H. Amiruddin pun juga menyampaikan, bahwa utusan Kabupaten Wajo yang berhasil sebagai juara tingkat Provinsi akan diberikan beasiswa sesuai kemapuan keuangan daerah.( Humas Pemkab Wajo )

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close