Berita TerkiniBerita Warga

Mengalami Pendangkalan, Warga Keluhkan Sungai Bila di Tokadde

WajoTerkini.Com, Belawa –Masyarakat Tokadde dan sekitarnya keluhkan pendangkalan Sungai bila yang dulunya memiliki kedalaman kurang lebih 20 Meter dan kini kedalamanya tinggal kurang lebih 5 Meter.

Akibat dari pendangkalan itu, sehingga sering terjadi kebanjiran akibat jebolnya tanggul sungai, hal itu diungkapkan Muh. Syahidi selaku Kepala Lingkungan Soreanglopie/Tokadde,.(11/3).

Sementara Aktivis Mahasiswa Andito yang juga merupakan warga setempat mengatakan, yang perlu diprioritas untuk dibangun oleh pemerintah dalam hal ini, penggalian kembali untuk mengoptimalkan aliran sungai untuk mencegah terjadinya banjir akibat jebolnya tanggul sebab melihat dari beberapa kejadian sebelumnya.

“Untuk mencegah tanggul hanya dengan cara memperkuat tanggul/Taluk sungai hingga saat ini tanggul bahkan sudah setinggi dengan atap rumah,”ungkapnya.

“Sungai ini butuh penggalian yang massif bukan hanya sekedar penambahan Tanggul, sebab ketika tanggul sebelah kanan diperkuat maka akan jebol di sebelah kiri begitupun sebaliknya,”harap Andito mahasiswa hukum itu.

Sekedar diketahui Sungai yang dikeluhkan warga ini, melintasi beberapa kelurahan, termasuk kelurahan Malakke, Kelurahan Macero dan Kelurahan Belawa.

Pada dasarnya merupakan juga salah satu penunjang ekonomi masyarakat setempat sebagai sumber pengairan untuk lahan pertanian masyarakat.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close