Ragam

Libur Lebaran Idul Fitri 1443 H, 58 Personil Polres Baubau Amankan Tempat Wisata

WajoTerkini.com, BAUBAU – Sebanyak 58 personil Polres Baubau dan unsur instansi terkait lainnya siap melakukan pengamanan di tempat-tempat objek wisata, selama libur lebaran di wilayah hukum Polres Baubau, mulai dari tanggal 2 sampai dengan 9 Mei 2022.

Pengamanan ini juga masih dalam rangkaian Ops Ketupat Anoa 2022, sehinga kekuatan personil Polres Baubau di terjunkan di tambah dari TNI, Dishub, Basarnas, BPBD, Sat Pol-PP dan Dinas Kesehatan.

Dari jumlah personil tersebut, akan dibagi sesuai karakteristik tingkat kerawanan, baik saat lebaran maupun sesudah lebaran, diantaranya :

1. PAM wisata Pantai Nirwana.
2. PAM wisata Pantai Mutiata Kabupaten Buton Tengah.
3. PAM wisata Pantai Katembe Kabupaten Buton Tengah.
4. PAM wisata Batu Sori.
5. PAM wisata Kelapa Gading.
6. PAM wisata Bali Blising.
7. PAM wisata Litel Bali.
8. PAM wisata Banyu Biru.
9. PAM wisata Hutan Pinus.
10. PAM wisata Benteng Keraton.

“Untuk Pos Pengamanan Pantai Nirwana yang tempat wisatanya adalah laut, Satuan Polairud Polres Baubau bersama Basarnas dan BPBD telah menyiagakan Kapal Polairud dan Kapal Basarnas, beserta pelalatan lainya. Hal ini untuk mengantisipasi penyelamatan bilamana terjadi kecelakaan laut,” ungkap pihak Humas Polres Baubau dalam press releasenya.

Tampak Personil Polres Baubau saat melakukan pengamanan di salah satu tempat permandian di Kota Baubau.

Pengamanan (PAM) tersebut betujuan untuk memberikan rasa aman terhadap para pengunjung di tempat-tempat wisata, agar tidak terjadi adanya tindakan kejahatan dan kriminalitas lainnya.

Pihak Polres Baubau juga memberikan himbauan protokol kesehatan kepada masyarakat yang berwisata, guna menekan angka penyebaran Covid-19.

Himbauan itu termasuk pemberian pemahaman kepada pengelola obyek wisata, untuk selalu memberikan penyampaian kepada para pengunjung agar memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah tentang penanganan Covid-19.

Selain itu petugas pengamanan juga menyampaikan pula kepada pengunjung agar berhati-hati membawa bawaanya atau barang berharga lainya agar tidak menjadi korban kriminalitas.

“Tetap waspada karena kejahatan bisa terjadi kepada siapapun,” pungkasnya.

Sumber: Kasi Humas Polres Baubau, Iptu Abdul Rahmad.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button