Berita UtamaButon Tengah

Kontingen Asal Kwarcab Buteng Siap Ikuti Jamnas XI

Wajoterkini.com, BUTON TENGAH – Sebanyak 17 peserta yang tergabung pada Kontingen asal Kwartir Cabang (Kwarcab), Gerakan Pramuka Kabupaten Buton Tengah (Buteng), siap mengikuti kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) XI.

Sesuai jadwal kegiatan, Jamnas XI tahun 2022 kali ini, mulai diselenggarakan dari tanggal 14 sampai 21 Agustus 2022 di Cibubur, Jakarta.

17 peserta tersebut dilepas secara resmi oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Buton Tengah, H. Kostantinus Bukide, di pelataran Kantor Bupati Buteng pada Rabu sore, (3/8/2022).

Peserta Jamnas asal Buteng ini terdiri 8 putera dan 9 puteri, mereka didampingi oleh 8 pembina dan andalan Kwarcab Gerakan Pramuka Buton Tengah.

Saat melepas kontingen, H. Kostantinus Bukide mengatakan, Jamnas XI tahun 2022 ini adalah yang pertama kali diikuti oleh kontingen dari Kwarcab Buteng.

“Meskipun baru pertama kali mengikuti Jamnas, kita harapkan para peserta kita dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan bisa membawa harum nama daerah Buteng,” ucapnya.

Pria yang juga menjabat Sekda Buteng ini berharap, melalui kegiatan Jamnas XI Cibubur, kontingen asal Kwarcab Buteng dapat mempromosikan keindahan pariwisata daerah, agar dikenal luas oleh kontingen lainnya.

“Semua peserta harus bisa menjaga kekompakan dan rasa kebersamaan, perjalanan dan kegiatan yang cukup panjang harus kalian Ikut dengan rasa gembira, jangan lupa jaga fisik kalian, jaga kesehatan dan mental kalian,” ungkap Kostantinus.

Ia juga berharap, kegiatan Jamnas tahun ini dapat dijadikan ajang mempererat rasa persaudaraan antar Pramuka se-Indonesia, serta memperluas wawasan pengetahuan.

“Kita harapkan, setelah selesai mengikuti Jamnas, pengetahuan yang telah didapat di sana bisa dikembangkan kembali kepada sesama anggota Pramuka lainnya di Buton Tengah,” tutupnya.

Pembina/Pendamping Putera Peserta Jamnas XI Cibubur, Supriadin.

Pembina/Pendamping Putera dalam kontingen peserta Jamnas, Supriadin saat dikonfirmasi mengungkapkan, para peserta Jamnas merupakan hasil seleksi ketat dari duta jambore daerah yang diadakan di Warangga, Kabupaten Muna beberapa waktu lalu.

“Yang berangkat di Warangga kemarin 32 orang, kemudian diseleksi menghasilkan 17 orang yang sekarang untuk berangkat ke Jamnas. Harapannya kita, mereka ini bisa menjadi contoh bagi teman-teman di sekolahnya ketika pulang dari Jamnas nanti,” ungkapnya.

Wakil Sekretaris Kwarcab Buteng ini juga menuturkan, ia bersama 16 rekan lainnya telah membuat baleho yang dapat digunakan sebagai alat promosi Pariwisata Buton Tengah di Cibubur nanti.

“Slogan pariwisata Buteng ‘Paradise On Caves’ itu yang perlu kita boomingkan, intinya kita akan promosikan spot-spot wisata unik yang ada di Buteng, khususnya spot wisata goa,” pungkasnya. (Anto Buteng)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker