Berita TerkiniLiputan KhususRagam

Kaji Tentang Jihad, Ma’had Aly As’adiyah Sengkang Buka Forum Bahtsul Masail

WajoTerkini.Com, Sengkang – Mengkaji tentang jihad, Ma’had Aly As’adiyah Sengkang buka forum Bahtsul Masail di Kampus Ma’had Aly As’adiyah Sengkang Jalur 2 Ujung Baru. Ahad, 22 Desember 2019.

Muhyiddin Tahir selaku Direktur Ma’had Aly As’adiyah Sengkang pada saat membuka acara mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya Bahtsul Masail ini, untuk mengatahui seperti apa sebenarnya itu jihad.

“Forum Bahtsul Masail ini kita buka atas rekomendasi Kementerian Agama untuk membahas tentang jihad, karena kata jihad ini sering disalah artikan,”ungkap Muhyiddin Tahir.

Ia juga ungkapkan bahwa, dalam pengkajian itu, pembahasan tentang jihad akan dikaji dengan menggunakan 3 tafsir Qur’an.

“Jadi tudang sipulung ini, kita akan bahas tuntas tentang jihad dengan menggunakan tafsir al-Munir karya Prof. Wahbah Zuhaili, tafsir al-Misbah karya Prof. Quraish Shihab dan tafsir al-Munir karya AG. H. Daud Ismail,”jelas Direktur Ma’had Aly As’adiyah Sengkang itu.

Adapun Narasumber dalam kesempatan itu Dr. H. Aan Parhani, M. Ag., KM. H. Abdul Waris, S. Hi., M. Hi, Dr. Muhsin Mahfudz, Dr. Asmullah, Dr. Bunyamin Muhyiddin dan Dr. KH. Muhyiddin Tahir yang juga sebagai tuan rumah Direktur Ma’had Aly As’adiyah Sengkang.

Untuk diketahui hasil dalam Bahtsul Masail itu mengambil kesimpulan bahwa jihad itu tidak serta merta diartikan berjuang mengangkat senjata karena jihad itu banyak macamnya, berjuang tentang Sosial, Pendidikan itu termasuk berjihad.

Diketahui juga dalam kesempatan itu bahwa para mufassir menafsirkan ayat-ayat jihad tidak serta merta hanya memahami secara teks semata, tetapi ia juga cenderung melihat konteks yang ada.(NU)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close