Berita Terkini

Jadi Pembicara Webinar Nasional, Amran Mahmud Paparkan Potensi Kemaritiman Wajo

Wajoterkini.com, WAJO SULSEL – Bupati Wajo, Amran Mahmud didaulat menjadi narasumber pada Webinar (Web Seminar) Nasional yang diselenggarakan komisi Pemuda dan Mahasiswa PB HMI, Selasa (19/10/2021) malam.

Selain Amran Mahmud, pada webinar melalui zoom meeting yang mengangkat tema “Kolaborasi Pemuda Berdayakan Masyarakat Pesisir: Indonesia Bangkit” ini juga menghadirkan narasumber Anggota DPR RI, Tamsil Linrung, Walikota Samarinda/Ketua Umum Aspeksindo, Andi Harun, Rektor Insitut Pertanian Bogor, Prof. Arif Satria.

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno yang didaulat untuk menjadi Keynote Speaker belum berkesempatan bergabung dan Anggota DPR RI, Anggota DPR RI, Kamrussamad diwakili.

Amran Mahmud menyampaikan bahwa Pemahaman akan kondisi obyektif Bangsa sebagai negara maritim dengan banyak wilayah pesisir yang masih terbelakang, merupakan sinyal kebangkitan
bangsa yang menggembirakan.

Hal itu, menurutnya, karena muncul dikalangan pemuda dan mahasiswa, yang merupakan generasi penerus dan generasi pelanjut yang kelak akan mengambil alih tongkat estafet kepemimpinan bangsa ini
dari generasi pendahulunya.

“Perkenankan saya atas nama pribadi menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada penggagas acara ini, yang telah memantik kebersamaan kita, sekalipun dalam forum yang bersifat virtual.” Ucap Amran Mahmud.

Pada kesempatan tersebut, Amran Mahmud yang diminta untuk membawakan topik “Sinergitas Pemuda dan Pemerintah Daerah Membangkitkan Ekonomi Masyarakat” juga memaparkan berbagai potensi kemaritiman Kabupaten Wajo.

Dikatakannya bahwa Kabupaten Wajo merupakan salah satu daerah yang dianugerahi sumber daya
kelautan yang melimpah. Wajo juga memiliki laut di batas sebelah Timurnya, yakni Teluk Bone, dengan garis pantai
sepanjang 103 km, dengan total penduduk yang mendiami wilayah tersebut sebanyak 50.601 jiwa.

“Di sepanjang garis pantai itu, terdapat
kawasan budidaya tambak dan perikanan tangkap, serta kawasan budidaya rumput laut yang dikelola oleh masyarakat, dengan hasil yang melimpah.” Ucap Amran Mahmud.

Selama beberapa tahun terakhir ini, lanjutnya, produksi daerah pesisir laut Kabupaten Wajo dari berbagai komoditas dapat yaitu untuk perikanan tangkap sebanyak 20.710,33 ton, kemudian dari perikanan budidaya dihasilkan 500.730,37 ton dengan tambak seluas 15.000 ha. Hasil budidaya tersebut didominasi oleh rumput lautdengan jumlah produksi sebanyak 476 ribu ton dan lahan seluas hampir 14 ribu hektar, atau sekitar 91% dari total produksi. Sampai saat ini, hasil itu telah berkontribusi dalam peningkatan perekonomian masyarakat.

Amran Mahmud juga menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah, dalam hal ini para perangkat
daerah, telah dan akan terus berusaha, di tengah keterbatasan anggaran di masa
pandemi ini, mengoptimalkan segala
potensi dan kekuatan yang ada sambil mengentaskan permasalahan yang ada
melalui 25 Kerja Nyata.

Oleh karena itu, Mantan PD Pemuda Muhammadiyah Wajo ini berharap keterlibatan
pemuda dan mahasiswa mengambil peran untuk bersama-sama dengan pemerintah daerah, memberikan sentuhan sehingga akar masalah yang ada di wilayah pesisir bisa diatasi.

Apalagi, kaum muda dikenal dengan kreativitasnya, dibarengi dengan pola
pendidikan yang saat ini lebih canggih dan modern serta didukung dengan kecanggihan teknologi.

“Saya ingin menekankan 3 hal, khususnya kepada adik-adik pemuda dan mahasiswa yang berasal dari Wajo. pertama, kenalilah potensi daerahmu selekat-lekatnya. Rauplah ilmu seluas- luasnya. Lalu pulanglah ke Wajo, ke tanah kelahiranmu untuk membangun daerah ini, dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan untuk kita wariskan kepada
anak cucu kita,” harap Amran Mahmud.

Sementara Wakil Sekjend Pemuda dan Mahasiswa PB HMI sekaligus penanggungjawab kegiatan ini, Ukhy Sukirman menyampaikan bahwa webinar ini merupakan sebuah upaya untuk terus menghidupkan nalar dan kepekaan kita semua sebagai generasi muda melihat kondisi sekitar.

“Generasi muda islam tentu harus melakukan kajian-kajian ilmu pengetahuan, bukan sekadar dibincangkan namun diaktualisasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kali ini kita lebih banyak berbincang Peran dan Kontribusi pemuda dan Mahasiswa terkait masyarakat pesisir,” Ujar Ukhy Sukirman.

Diketahui, acara webinar ini terbuka bagi umum, Internal HMI MPO Cabang seluruh Indonesia, Pemuda dan Mahasiswa yang tersebar pada perguruan tinggi. (JG)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close