Berita TerkiniBerita UtamaRagam

Dikarantina di RSUD Lamaddukelleng, Warga Belawa ini Akhirnya Dipulangkan

WajoTerkini.com, Belawa – Warga Kecamatan Belawa, Kabupaten Wajo yang dikarantina oleh TGPP Covid-19 Kabupaten Wajo di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lamaddukkelleng sepulang dari perjalanan ke negara tetangga, Malaysia dipulangkan ke kediaman masing-masing pada hari Kamis (21/5/2020). Pemulangan tesebut merupakan buah dari janji Bupati Wajo yang disampaikan melalui teleconference sehari sebelumnya.

Melalui teleconference, Bupati Wajo yang juga merupakan Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Wajo, Amran Mahmud menjanjikan akan memulangkan mereka ke Kecamatan Belawa untuk melanjutkan masa karantina menjadi 14 hari dengan karantina mandiri di kediaman masing-masing. Menurut Amran Mahmud, mereka akan dipulangkan jika hasil rapid test yang dilakukan terhadap mereka menunjukkan hasil negatif.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo, dr. Ramlah menyatakan akan menindaklanjuti pernyataan Bupati Wajo dengan menyegerakan pelaksanaan rapid test.

Pemeriksaan cepat (rapid test) yang dijanjikan oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo dilakukan pada hari Kamis (21/5/2020) pagi. Pemeriksaan yang dilakukan terhadap 21 orang tersebut secara keseluruhan menunjukkan hasil negatif. Dengan demikian, maka kedua puluh satu warga yang dikarantina tersebut dipulangkan pada hari hari yang sama pukul 13.30 dengan menggunakan bus yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Wajo dengan didampingi oleh tim dari Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Wajo.

Pemulangan terhadap warga tersebut dilakukan dengan terlebih dahulu menuju ke Kantor Camat Belawa untuk disambut oleh Camat dan Forkopimcam Belawa serta diberi arahan oleh Kepala Puskesmas Belawa dan Puskesma Sappa. Setelah itu, mereka diantar ke Desa Sappa.

Pegawai BPBD Kabupaten Wajo, Ardi Anugrah yang mendampingi pemulangan warga tersebut ke Kecamatan Belawa dikonfirmasi oleh awak media via telepon menuturkan bahwa pemulangan warga tersebut berjalan dengan baik.

Sesuai dengan pernyataannya pada saat teleconference sehari sebelumnya, Bupati dan Wakil Bupati Wajo dijadwalkan akan bersilaturahmi dengan warga yang menjalani karantina mandiri tersebut untuk memastikan proses karantina tersebut berjalan sesuai dengan harapan. (J.A.)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close