Berita Utama

Bupati Wajo Pimpin Apel Besar Peringatan Hari Pramuka Ke-61, Ini Pesannya

WAJO, WAJOTERKINI.COM – Apel besar Hari Pramuka ke-61 Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Wajo berlangsung di Lapangan Merdeka, Kota Sengkang, Selasa (13/9/2022). Dipimpin langsung Amran Mahmud selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) sekaligus Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Wajo.

Meski sempat diguyur hujan, pelaksanaan apel besar yang sebelumnya sempat tertunda tetap berjalan khidmat, diikuti ratusan peserta dari Gerakan Pramuka Wajo. Deretan tamu kehormatan mengikuti upacara, mulai jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), legislatif, unsur pimpinan dan pengurus Kwarcab dan Mabicab Gerakan Pramuka Wajo, pimpinan Satuan Karya Pramuka (Saka) Kwarcab, hingga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Wajo.

Sebelum acara inti, Amran Mahmud bersama tamu lainnya disuguhkan penampilan dan atraksi dari para peserta. Orang nomor satu di Bumi Lamaddukelleng ini menyematkan lencana penghargaan Gerakan Pramuka kepada para penerima yang ditetapkan, penghargaan kepada tiga Kwartir Ranting (Kwarran) terbaik, serta menerima kontingen Jambore Nasional (Jamnas) XI Kwarcab Wajo. Ia juga bersama Ketua TP PKK, Ketua Harian Kwarcab dan mewakili Dandim 1406 Wajo diserahi cinderamata dari Kwartir Nasional.

Amran Mahmud yang pada kesempatannya membacakan sambutan seragam Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen (Purn) Budi Waseso, mengajak untuk tetap ceria dalam menjalin persaudaraan dengan sesama anak bangsa.

“Selalu berdedikasi dalam semua aktivitas kita, baik di sekolah, kampus, tempat pekerjaan, maupun lainnya. Berusaha mencapai prestasi sebaik-baiknya dalam bidang bidang yang kakak dan adik tekuni,” kata Amran Mahmud.

Amran Mahmud mengurai, tema utama peringatan Hari Pramuka ke-61 dan semua kegiatan tingkat nasional tahun ini adalah Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa.

“Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka Siaga, adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan,” ujar kepala daerah bergelar doktor ini.

Amran Mahmud menambahkan, hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana dan dilakukan di lingkungan keluarga masing-masing maupun masyarakat sekitar tempat tinggal.

“Semua bentuk pengabdian yang kita lakukan sejalan dengan kode kehormatan kita di mana di semua kode kehormatan Gerakan Pramuka itu ditekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membedakan suku, agama, ras, dan golongan,” jelas Amran Mahmud.

Amran Mahmud juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Mabicab, Kwarcab, Mabiran, Kwarran, Mabigus, bersama pembina, panitia, peserta serta seluruh pihak yang telah menyukseskan seluruh rangkaian peringatan Hari Pramuka tahun ini.

Kegiatan ini turut dihadiri para ketua Mabiran, ketua Kwarran, ketua Mabigus bersama pembina, para Pramuka pra-Siaga (TK/PAUD), Siaga (SD/MI), Penggalang (SMP/MTs), Penegak (SMA/SMK/MA), dan Pandega (perguruan tinggi), serta undangan lainnya. (JG)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button