Berita TerkiniButon Tengah

Ajak Warga Bersedekah, Pemuda Muhammadiyah Buteng Bentuk Panitia “Penggalangan Dana untuk Kaum Duafa 2023”

Wajoterkini.com, Buton Tengah – Ketua Organisasi Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Ajuna, S.Pd melalui Komandan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM), Ajad Mahatir, S.Pd mulai membuka akses untuk penggalangan dana Kegiatan Amal Sedekah (KAS) tahun 2023, yang nantinya diperuntukkan kepada para kaum duafa (warga kurang mampu).

Kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian kader-kader Pemuda Muhammadiyah Buteng, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menyantuni warga yang kurang mampu dan anak-anak yatim, baik di wilayah Kecamatan Gu seperti di Kelurahan Bombonawulu, Watulea, Desa Walando dan sekitarnya, serta di beberapa kecamatan lain yang ada di Kabupaten Buteng.

“Kita sudah mulai mengadakan penggalangan dana kepada para dermawan, agar bisa menyisihkan sebagian harta kekayaan atau rezekinya untuk disedekahkan kepada warga yang kurang mampu, atau yang lebih dikenal dengan kaum duafa,” ungkap Ajad Mahatir kepada awak media pada Rabu (05/04/2023).

Ia juga menuturkan, penggalangan dana dilakukan mulai saat ini untuk bisa memperlancar Kegiatan Amal Sedekah kepada kaum duafa yang rencana penyalurannya akan dilaksanakan pada 18-19 April 2023 mendatang.

“Jadi kalau ada warga yang ingin menyedekahkan sebagian hartanya, maka inilah saat yang tepat, kebetulan kami dari pengurus Organisasi Pemuda Muhammadiyah Buteng yang berdomisili di Kecamatan Gu berinisiatif menjalankan Kegiatan Amal Sedekah (KAS). Mari kita bantu saudara-saudari kita yang kurang mampu, apalagi ini menjelang lebaran Idul Fitri 1444 H, mari kita sentuh hati mereka walaupun hanya ala kadarnya, insyaAllah berkah untuk kita semua, baik yang berderma, maupun bagi yang mengajak orang lain untuk berderma dan bersedekah,” tuturnya.

Ketua Panitia KAS, Zulfahmi, S.Pd menjelaskan bahwa warga yang ingin mendermakan hartanya atau sebagian rezekinya bisa dalam bentuk uang maupun barang kebutuhan pokok seperti beras, mie instan, telur, minyak goreng, gula pasir, susu, terigu, mentega, sirup, dan lain sebagainya.

“Mari kita meraih keberkahan rezeki dan pahala dengan bersedekah, apalagi ini di momen bulan suci Ramadhan, mari kita sama-sama luruskan nawaitu kita untuk bersedekah kepada para fakir miskin dan anak-anak yatim, insyaAllah berkah. Kalau ada warga yang mau berderma dalam bentuk uang, maka bisa langsung mentransfer uangnya ke nomor rekening BRI: 5042 0103 8501 534, atas nama AJAD MAHATIR,” jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa masyarakat yang mendermakan sebagian hartanya untuk disedekahkan kepada para kaum duafa, maupun anak-anak yatim itu tidak ada ruginya, justru insyaAllah akan menjadi ladang pahala, mendapat keberkahan serta keberlimpahan rezeki dari Allah SWT. Didalam kitab suci Al-Qur’an maupun Hadist Nabi juga banyak menyebutkan tentang keutamaan dan ganjaran pahala sedekah.

Selain itu, Zulfahmi juga menjabarkan dalil-dalil tentang keistimewaan sedekah di mata Allah SWT, yaitu sebagai berikut:

Sedekah Menjadikan Rezeki Berlipat Ganda

Dengan banyak bersedekah, Allah SWT akan melipat gandakan harta Anda dari arah mana saja, yang tidak pernah disangka-sangka. Sebagaimana diterangkan dalam Al-Baqarah ayat 261 yang artinya “Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir, seratus biji Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”.

Bersedekah Menjauhkan dari Panasnya Api Neraka

Salah satu cara menghindarkan diri dari pedihnya azab neraka adalah dengan bersedekah. Maka semakin banyak bersedekah, semakin jauh pula tubuh dijauhkan dari jilatan api neraka pada hari kiamat kelak.

Rasulullah SAW bersabda: “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma”. (Mutafaq’alaih)

Sedekah Menjadi Pelindung di Hari Kiamat

Saat hari kiamat, umat manusia hanya bisa melindungi dirinya sendiri, tanpa peduli pada situasi yang ada disekitarnya. Oleh karenanya, amal ibadah selama hidup di dunialah yang menjadi tameng alias pelindung. Salah satunya adalah dengan bersedekah.

Rasulullah SAW bersabda: “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya ” (HR Ahmad).

Bersedekah Menghindarkan Diri dari Segala Macam Penyakit Jasmani dan Rohani

Salah satu obat baik bagi rohani maupun jasmani adalah dengan bersedekah. Hal itu sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana”. (HR Ath-Thabrani).

“Itulah beberapa penjelasan maupun dalil-dalil sahih yang telah kami rangkum tentang keutamaan sedekah, yang dianjurkan dan dapat mendatangkan pahala besar bagi yang mengamalkannya. Semoga Allah SWT menjadikan kita semua golongan ahli sedekah, aaamiiin,” tutupnya.

Diketahui, sebagai narahubung dalam rangka komunikasi proses penyetoran dana untuk sedekah kepada kaum duafa, maka silahkan menghubungi nomor kontak di bawah ini:

1. Zulfahmi: 082233517274.
2. Ajad Mahatir: 082343366340.
3. Irfan: 085827888523. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button