WajoTerkini.Com Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenegakerjaan
Liputan Khusus

“Uji Jejaring Paling Menegangkan Peserta”

Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan di Kabupaten Wajo, 28-29 Desember 2018 oleh Lembaga Penguji dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta bekerjasama dengan Kantor BeritaNasional.ID telah sukses terlaksana, bahkan hasilnyapun telah diumumkan.

Dibalik sukses UKW angkatan Pertama diakhir tahun tersebut, kini menjadi cerita tersendiri bagi para peserta, sebutlah misalnya dengan dengan Uji jejaring peserta Uji Kompetensi Wartawan cukup menegangkan. Pasalnya, mata uji ini adalah salah satu mata uji yang paling menentukan apakah seorang jurnalis dianggap kompeten atau tidak. Sejumlah peserta dengan wajah tegang saat menghadap tim penguji. Tentu, ujiannya adalah menilai sejauh mana narasumber menilai sosok personal jurnalis yang sedang diuji.

Sejumlah peserta gagal pada kesempatan pertama melakukan percakapan dan interview pada narasumber yang dipilih dengan list minimal 20 jejaring.  Namun ada pula peserta pada kesempatan pertama panggilan melalui telpon seluler berhasil tembus ke narasumber. Tidak berhenti di situ, penguji memastikan kompetensi jejaring peserta dengan menghubungi narasumber yang telah dipilih. “Saya cukup tegang dalam mata uji ini,” ujar Sahar, satu di antaranya jurnalis yang sumringah setelah berhasil menembus narasumber.

Mata uji lainnya yang cukup menguras konsentrasi adalah penentuan bahan liputan layak siar, liputan investigasi dan menulis opini dengan tajuk. Tim Penguji Jenjang Utama, Saibansa Dardani, mengatakan, peserta cukup antusias. Dan, rata-rata peserta memang telah memiliki pengalaman yang cukup di dunia jurnalis, sehingga tinggal mengarahkan saja bagaimana mengerjakan materi uji yang diberikan,” ujar Saibansa Dardani. (TUN)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close