Berita TerkiniBerita UtamaRagam

SMP Negeri 4 Tanasitolo Tetap Gelar Ujian Sekolah di Tengah Wabah Corona

WajoTerkini.Com, Tanasitolo – Di tengah masa darurat pandemi Covid-19, SMP Negeri 4 Tanasitolo tetap menggelar ujian sekolah (US), meski harus menempuh sistem UJJ (ujian jarak jauh) secara daring. Pada hari pertama US, Senin (06/04/2020) sebanyak 36 siswa kelas IX yang terdaftar sebagai peserta sukses menuntaskan ujian sekolah lewat aplikasi Google Form.

Hasil pemantauan Panitia Pelaksana menyatakan bahwa Pelaksanaan US dengan sistem daring terkendali sesuai dengan protokol pencegahan virus Corona.

“Lewat aplikasi Whatsapp dan Google Form, kami memantau keikutsertaan siswa dalam US dan alhamdulillah, seluruh peserta US sukses menyelesaikan soal tanpa kendala” ungkap Ahmad Riadi, Kepala SMP Negeri 4 Tanasitolo.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Panitia US, Adri Lantong. “Aplikasi Google Form itu dilengkapi dengan fitur responden, jadi kami dapat memantau keikutsertaan siswa. Selain itu, 15 menit sebelum soal dirilis, kami memastikan kesiapan siswa lewat aplikasi Whatsapp,” ungkapnya.

Sesuai dengan jadwal US, pada hari Senin (06/04/2020), ada 2 mata pelajaran yang diujikan. Sesi pertama, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dengan durasi waktu 2 jam, mulai pukul 08.00 hingga 10.00. Selanjutnya, disediakan waktu jeda selama 30 menit untuk istirahat dan mempersiapkan diri memasuki ujian sesi kedua, yaitu Bahasa Indonesia dengan durasi waktu mulai pukul 10.30 hingga 12.30.

Saat dikonfirmasi tentang kiat sukses pelaksanaan US SMP Negeri 4 Tanasitolo dengan sistem UJJ ini, Ahmad Riadi menerangkan bahwa hal tersebut tidak lepas dari persiapan yang matang dan dedikasi yang tinggi dari seluruh stakeholder SMP Negeri 4 Tanasitolo, termasuk adanya dukungan kooperatif dari orangtua siswa.

“Begitu terbitnya SE Bupati Wajo dan Disdik Wajo tentang bekerja dan belajar dari rumah, saat itu juga kami langsung rapat khusus dengan agenda teknis pembelajaran jarak jauh,” ungkap Ahmad Riadi kepada Aksioma via telepon.

Lebih lanjut, Amkayus, Wakil Kepala SMP Negeri 4 Tanasitolo menjelaskan bahwa terbitnya SE Bupati Wajo nomor 400/384/set pada tanggal 31 Maret 2020 tentang perpanjangan masa belajar dari rumah akibat darurat pandemi Covid-19, maka pihak sekolah segera melakukan rapat jarak jauh dengan agenda teknis pelaksanaan UJJ.

“Alhamdulillah, hal tersebut terimplementasi sesuai dengan rencana,” ucap Amkayus. Menurutnya, hal lain yang sangat membantu kesuksesan tersebut adalah dukungan dari orang tua siswa yang siap membimbing anaknya di rumah.

“Untuk itu, kami mengimbau kepada seluruh wali kelas untuk proaktif berkomunikasi dengan orang tua siswa,” tegas Amkayus. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close