Berita UtamaButon Tengah

Siap Selenggarakan Karang Pamitran Daerah, Puluhan Pengurus Kwarcab Buteng Gelar Rapat

WAJOTERKINI.COM, BUTON TENGAH – Puluhan pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) menggelar rapat pembahasan, tentang persiapan Karang Pamitran Daerah, yang rencananya diselenggarakan di kawasan Pantai Katembe pada November 2022 mendatang.

Rapat tersebut diadakan di Kantor Sekretariat Kwarcab Buteng, di jalan poros Lombe-Lakudo, Kelurahan Watulea, Kecamatan Gu, Kamis (15/9/2022).

Rapat itu dihadiri oleh Sekretaris Kwarcab Buteng Nurdin Rum, Ketua Komisi Abdimas dan Tanggap Bencana Abidin, S.Pd., M.Si, Ketua Komisi Pembinaan Anggota Dewasa Alimran, Ketua Komisi Organisasi dan Hukum La Ode Nur Samsu, S.STP, Ketua Komisi Humas dan Infokom Wa Jasa, S.Pd, serta puluhan orang lainnya.

Usai membuka rapat, Sekretaris Kwarcab Buteng Nurdin Rum menyebutkan, Karang Pamitran Daerah tersebut bakal diikuti oleh seluruh Pembina Pramuka serta para Pusdiklat se-Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), para pemateri dari Kwartir Nasional (Kwarnas), serta tamu undangan lainnya dengan estimasi peserta berkisar kurang lebih 1.000 orang.

“Kegiatan besar seperti ini harus membutuhkan persiapan yang sangat matang dari kita sebagai tuan rumah. Kita harus all out dalam kegiatan ini, apalagi nanti akan dihadiri oleh para peserta dari 16 kabupaten/kota lainnya yang ada di Sultra,” sebutnya.

Selanjutnya, Nurdin Rum memaparkan segala persiapan diantaranya, penyusunan Pokja atau panitia, fasilitas penunjang, serta partisipasi aktif dari seluruh pengurus Kwarcab Buteng.

“Presentase struktur kepanitiaan nanti 50 persen berasal dari para pengurus Kwarcab Buteng, 25 persen dari Kwartir Daerah (Kwarda) Sultra, serta 25 persen dari Kwarcab terdekat,” paparnya.

Selain itu, Ketua Komisi Organisasi dan Hukum La Ode Nur Samsu, S.STP mengungkapkan, lokasi yang telah direncakan sebagai pusat pelaksanaan Karang Pamitran Daerah ke depan, telah dinyatakan tidak ada masalah.

Alumnus STPDN ini juga berharap, seluruh pengurus Kwarcab Buteng mendukung serta dapat berperan aktif untuk menyukseskan kegiatan Karang Pamitran Daerah.

“Perlu juga ada dukungan dari Kwartir Ranting (Kwaran) Lakudo. Harapan kita, ada totalitas dari perhatiannya kakak-kakak semua sangat diperlukan,” harapnya.

Ketua Komisi Pembinaan Anggota Dewasa, Alimran juga membeberkan hasil koordinasinya bersama Ketua Kwarcab Buteng, terkait pembahasan persiapan pelaksanaan Karang Pamitran Daerah.

“Arahan dari Kak Ketua Kwarcab Buteng, poin paling penting yang harus kita persiapkan sebagai tuan rumah yaitu air, listrik, MCK dan lain sebagainya, kemudian nanti kita rancang pembersihan masal melalui kerja bakti di titik lokasi yang telah direncanakan,” bebernya.

Ketua Komisi Abdimas dan Tanggap Bencana, Abidin, S.Pd., M.Si juga menuturkan, pada pelaksanaan Karang Pamitran Daerah ke depan, pelayanan dan kenyamanan seluruh tamu undangan harus jadi prioritas.

“Untuk memaksimalkan suatu kegiatan, dibutuhkan kekompakan dan kerja sama dari kita semua. Kemudian segala perlengkapan dalam kegiatan harus dipenuhi agar tidak mengecewakan para tamu,” tuturnya. (Anto Buteng)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button