Berita TerkiniBerita WargaRagam

Jalanan Jelek, Masyarakat Khawatir Tempat Bersejarah di Tosora Tinggal Nama

WajoTerkini.Com, Majauleng – Di Kabupaten Wajo terdapat salah satu tempat paling bersejarah yaitu Desa Tosora Kecamatan Majauleng, dimana di Desa Tosora ini terdapat berbagai macam tempat bersejarah yang jarang lagi dikunjungi oleh parawisata luar Daerah.

Salah satunya yang ada di Desa Tosora terdapat Masjid tertua di Wajo yang dikenal sebagai Masjid Telur.

Masjid Telur di Tosora Tempat Makam Syeckh Jamaluddin Al- Husain Al- Akbar.

Menurut salah satu warga HS, mengatakan bahwa sebelum-sebelumnya Masjid telur ini sering dikunjungi Parawisata diluar Daerah tapi akhir-akhir ini sudah tidak ada lagi terlihat.

“Mungkin penyebabnya jeleknya jalanan masuk, karena jalur yang selalu dilewati oleh bus parawisata yaitu jln bajo sudah mulai hancur, karena banyaknya lobang-lobang besar di sepanjang jalan,”ucap HS.(24/8)

Ia menambahkan apalagi ada jembatan kayu yang berada di Desa Tosora , Dusun leceng- lecengnge yang tidak bisa dilewati bus.

“Jangankan bus, mobil biasa saja biasa penumpanngnya diturunkan karena ditakutkan jembatannya runtuh,”kesalnya.(24/8)

Sekedar diketahui di Masjid telur ini juga terdapat Makam salah satu cucu nabi Muhammad Saw. yang ke 11 yaitu Syeckh Jamaluddin Al- Husain Al- Akbar salah satu ulama dari Arab penyebar agama Islam di Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Wajo, yang juga dikenal kakek dari Wali Songo yang ada di Jawa.(MA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close