Berita TerkiniPemerintahan

Hati-Hati Bagi Distributor Pupuk Nakal, Bupati Akan Menindak

WajoTerkini.Com, Sengkang – Peringatan keras untuk para distributor pupuk nakal karena Bupati Wajo Amran Mahmud akan menindak dengan cara mengganti distributor resmi pupuk bersubsidi yang selalu melakukan pelanggaran.

Hal tersebut dilakukan karena banyaknya keluhan petani yang sampai ke telinga Amran, bahwa pupuk bantuan pemerintah kerap tidak tepat sasaran.

Bahkan dari pantauannya selama ini, Amran mendapati ada pupuk yang seharusnya diberikan kepada petani persawahan, tapi juga diberikan ke kebun dan tambak.

“Selama ini kami turun di petani, masih selalu terjadi keterlambatan dan ketidak tersediaan sesuai dengan jatah. Bahkan masih ada indikasi tidak tepat sasaran, yang seharusnya dipakai di persawahan tapi ada yang terpakai di perkebunan dan tambak,” katanya.

Tak ingin kejadian tersebut terus terulang, Amran berjanji akan segera mengusulkan kepada PT. Pupuk Kaltim untuk segera mengganti distributor pupuk bersubsidi di Kabupaten Wajo.

“Kita akan usulkan diganti yang memang selalu melakukan pelanggaran,” ujar Amran.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Wajo, AD Mayang secara tegas meminta kepada Dinas Perdagangan untuk mencabut izin dagang bagi distributor yang didapati melakukan bisnis jual beli pupuk bersubsidi di luar dari rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK). Sebab hal tersebut akan berdampak pada terjadinya kelangkahan pupuk bagi para petani.

“Jika ada distributor yang menjual pupuk bersubsidi di luar data RDKK, kami secara tegas meminta kepada Dinas Perdaganagan untuk mencabut izin dagang dari distributor atau penyalur tersebut, sebab di dalam RDKK pembagian pupuk sudah jelas dan tidak bisa dialihkan kepada kelompok yang lain,” tegasnya. (Sind)

Editor: Andi Fatimah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button