Berita TerkiniRagam

Canangkan Desa Bebas TBC, Ini Giat PD Aisyiyah Wajo

WajoTerkini.Com, Sengkang – Melalui salah satu programnya, TB HIV Care, Pimpinan Daerah Aisyiyah Wajo melakukan langkah serius dalam penanganan penyakit TBC dengan menggelar Pelatihan Fasilitator TBC Desa Program Intervensi Desa, Sabtu—Minggu (4—5/7/2020) di Warkop Acci Callaccu, Sengkang.

Peserta pelatihan yang dihadiri oleh Bupati Wajo dan Koordinator TB Care Aisyah Sulawesi Selatan tersebut ialah para fasilitator TB Care yang didampingi oleh Pimpinan Cabang Aisyiyah masing-masing. Fasilitator tersebut berasal dari 3 desa yang menjadi pilot project kegiatan yakni Desa Wele di Kecamatan Belawa, Desa Kaloka di Kecamatan Maniangpajo, dan Desa Wecudai di Kecamatan Pammana.

Ketua PD Aisyiyah Wajo, Hj. St. Maryam Amran menyatakan dalam 6 bulan ke depan, pihaknya akan mengintervensi 3 kecamatan dan khusus kepada 3 desa secara intensif. Untuk itu, menurutnya, diharapkan peran serta semua pihak untuk bersinergi dalam program tersebut.

“Kami berharap seluruh dunia, terkhusus Kabupaten Wajo dapat terbebas dari penyakit TBC,” ucap Hj. St. Maryam Amran yang juga merupakan Ketua TP PKK Kabupaten Wajo.

Bupati Wajo, H. Amran Mahmud pun mengapresiasi kegiatan tersebut dan menyatakan akan menindaklanjuti Perda tentang TB yang sudah ada dengan menerbitkan Perbup (Peraturan Bupati).

Pada kesempatana tersebut, Koordinator TB Care Aisiyah Wajo, Iskandar pun optimistis dengan intervensi desa tersebut. Ia pun berharap implementasi dari pelatihan fasilitator tersebut dapat mengadvokasi lahirnya perdes tentang Desa Bebas TBC. (ARS-J.A.)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close