Berita Terkini

Bupati Wajo Serahkan 4 Unit Kendaraan Motor Pengangkut Sampah

 

WajoTerkini.Com, Sengkang – Kebersihan jadi salah satu fokus utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo di bawah kendali pemerintahan Bupati Wajo, Amran Mahmud. Diwujudkan dalam program bernama Wajo Mapaccing. Berbagai upaya digalakkan untuk memaksimalkan program itu.

Sebagai upaya memelihara keindahan dan kebersihan wilayah Kota Sengkang dan sekitarnya, Pemkab Wajo melalui Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) menyerahkan empat unit kendaraan pengangkut sampah jenis motor kepada petugas operator pengangkut sampah.

Penyerahan unit dilakukan langsung Bupati Wajo, Amran Mahmud, didampingi Kepala Dinas DLHD Wajo, Andi Baso Ikbal, di pelataran parkir Kantor Bupati Wajo, Rabu (28/7/2021).

Keempat unit motor sampah masing-masing diserahkan kepada Pemerintah Kecamatan Tempe dalam hal ini Kelurahan Salomenraleng dan Kelurahan Pattirosompe, lalu Kecamatan Bola (Kelurahan Solo) dan Kecamatan Penrang (Desa Makmur).

Amran Mahmud berharap kepada penerima agar kendaraan pengangkut sampah bisa digunakan dengan sebaik-baiknya dalam upaya menciptakan kebersihan di wilayah masing-masing.

“Tolong jaga-ki’, pelihara-ki’ baik-baik dan manfaatkan sesuai dengan peruntukannya,” pesan Amran Mahmud.

Amran Mahmud juga menyampaikan, saat ini salah satu fokus pemerintahannya adalah penanganan stunting. Tentu ini menjadi tanggung jawab seluruh elemen untuk ikut berperan.

“Setelah ini, saya akan membuka kegiatan rembuk untuk pencegahan dan penurunan stunting di Wajo. Tentu kita semua punya andil dalam upaya ini. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, kita bisa turut dalam pencegahan stunting,” ucap Amran Mahmud.

Orang nomor satu di Bumi Lamaddukelleng ini mencontohkan, “Sampah plastik, utamanya jika sampai ke danau, sungai atau laut kemudian dimakan oleh ikan yang kemudian ikannya kita konsumsi, khususnya ibu hamil, maka anaknya nanti berisiko terkena stunting.”

Amran Mahmud juga berharap dengan adanya sarana kebersihan ini, wilayah Wajo bisa lebih bersih dan program Wajo Mapaccing dapat berjalan maksimal.

“Salah satu program yang kami ingin wujudkan adalah Wajo Mapaccing. Tentu ini juga membutuhkan kerja sama yang baik dan sinergi dari semua pihak. Saya minta kepada Kadis Lingkungan Hidup agar terus berupaya mewujudkan program Wajo Mapaccing dengan bersinergi dengan stakeholder lainnya,” terang Amran Mahmud.

Sementara itu, Kepala Dinas lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Wajo, Andi Baso Iqbal, mengatakan dirinya siap menjalankan instruksi Bupati Wajo.

“Memang salah satu yang menjadi tujuan utama kami adalah mewujudkan impian dan program dari Bapak Bupati untuk mewujudkan Wajo Mapaccing,” kata eks Camat Tempe ini.

Baso Iqbal mengatakan, motor sampah yang diserahkan ini bersumber dari APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) DLHD 2021. Sebelumnya, pihaknya telah lebih dahulu menyerahkan enam unit ke Satgas Kebersihan Wajo. Itu berarti sampai hari ini sudah 10 Unit motor sampah yang diserahkan.

“Dengan dukungan armada motor sampah ini diharapkan dapat membantu teman-teman petugas operator sampah di lapangan untuk mewujudkan Wajo Mapaccing,” ucap Baso Iqbal. (red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close