WajoTerkini.Com Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenegakerjaan
Berita TerkiniMetroPemerintahanRagam

AMIWB Kembali Soroti Penatapan KPU Wajo Mengenai Caleg Terpilih 2019

WajoTerkini.Com, Sengkang – Aliansi Mahasiswa Indonesia Wajo Bersatu (AMIWB) kembali menyeroti penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wajo Mengenai Calon Legislatif (Caleg) Terpilih 2019, di Ruang Kerja DPRD Komisi IV Kabupaten Wajo, Senin (5/8/2019).

AMIWB berasumsi bahwa penetapan KPU Wajo kemarin dianggap tergesa-gesa sehingga KPU Wajo menetapkan Caleg bernama A. Lili Sumarni dari partai Hanura dianggap keliru.

“Kami memiliki data bahwa A. lili Sumarni itu tercatat sebagai Sekdes, jadi sesuai peraturan A. Lili Sumarni dari partai Hanura seharusnya tidak ditetapkan sebagai Caleg terpilih,”tegasnya.

“Dalam penetapan Caleg terpilih tahun 2019 KPU Wajo sangat tergesa-gesa, seharusnya Caleg yang dianggap bermasalah tidak musti langsung ditetapkan penggantinya melainkan harus komunikas dengan internal partai terkait,”ucapnya.

Sementara Zainal Arifin selaku komisioner KPU Wajo menyanggah hal itu menurutnya apa yang dilakukan KPU itu sudah sesuai dengan prosedur.

“Dalam aturan, paling lambat 5 hari setelah menerima persuratan dari KPU RI, KPU Kota/Kabupaten harus menetapkan Caleg yang terpilih, sedangkan kita terima persuratan dari tanggal 17 dan penetapan tanggal 22 maka itu adalah waktu terakhir untuk kita,”jelas Zainal.

“Mengenai penetapan A. Lili Sumarni, kami tetapkan sesuai dengan prosedur dengan berdasar bahwa A. Lili Sumarni lulus verifikasi berkas, maka oleh karena itu kami anggap bahwa A. Lili tidak ada masalah, kalaupun belakangan ternyata ada temuan saya kira itu ada mekanisme selanjutnya yang bisa kita tempuh,”jelas Zainal.

Untuk diketahui dalam kesempatan itu, AMIWB menuntut supaya A. Lili Sumarni dari Partai Hanura supaya tidak dilantik yang rencananya pelantikan DPRD Wajo pada tanggal 2 September akan datang, namun pihak penerima Aspirasi DPRD Wajo, menyimpulkan bahwa silahkan AMIWB simpan data yang dimiliki nanti diperlihatkan sebagai bukti di Pengadilan.(NU)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close