Berita WargaJawa Timur

Warga Kedupok Kota Probolinggo Kesal dan Jengkel Akibat Pekarangan Penuh Sampah, Timbul Bau Taksedap

WAJOTERKINI.COM, PROBOLINGGO JATIM-Bau tak sedap tercium oleh warga sekitar dan pengguna jalan yang melintas di Jalan raya Mastrip, tepatnya diutara jembatan menuju Wonoasih di wilayah RT 06, RW 1 Kelurahan Kedopok Kecamatan Kedopok, Bau tersebut berasal dari tumpukan sampah di pinggir jalan.

Pantauan Wajoterkini.com, Minggu (23/12), warga sekitar melakukan kerja bakti untuk membersihkan sampah limbah rumah tangga ini berseraka hingga ke pinggir jalan di sekitarnya dan diwarnai omelan dan kekesalan warga setempat.

Menurut penuturan Ketua RT setempat Saifuddin, hal itu disebabkan banyaknya tumpukan sampah yang dibuang sembarangan oleh orang yang lewat dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Pembuangan sampah ini justru dilakukan oleh para pengguna jalan bukan oleh warga sekitar.

Saya tegaskan lagi, sampah yang dibuang dipekarangan warga itu bukan sampah warga sekitar, tetapi sampah orang lain yang lewat jalan mastrip itu,” tegas Saifuddin

Lanjut Saifuddin, masyarakat sudah menjaganya dengan memasang rambu dilarang buang sampah ditempat itu. Hampir tiap bulan warga kerja bhakti membersihkanmya, tetapi sampah buangan itu pasti ada lagi.

“Ini pembuangan dari masyarakat, ini sampahnya ada tempatnya, kenapa¬† dibuamg kesini. Ini yang jaga sudah masyarakat sini,¬†ini tidak kuat.
Saya minta tolong ke Pemerintah, bagaimana jalan keluarnya,” ujarnya dengan menahan emosi.

Kekesalan senada di ucapkan Ansori, warga setempat yqng ikut kerja bhakti. “yang buang ini, bukan orang sini, orang luar. Sedangkan saya orang sini, jadi bau,” ucapnya kesal.

Sementara itu, sambil menghentikan ayunan paculnya, Heri, seorang warga yang ikut juga kerja bhakti mengungkapkan warga sekitar terganggu dengan bau sampah yang dibuang orang yang lewat dengan melempar begitu saja, sehingga banyak sampah menyangkut di pepohonan. Jenis sampah itu sampah plastik dan sampah basah, seperti pampres, tentu baunya sangat menyengat.

“Akhirnya warga sini sangat terganggu dengan bau sampah ini, kalau perlu Pemerintah Kota, Dinas DKLH menindak lanjuti, ini di jalan Mastrip, utara kuburan cina, agar diangkut ketempat sampah,” ungkapnya.

***yuliono

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button