AdvedtorialBerita TerkiniPemerintahanRagam

Terima Bantuan Peralatan Pengelolaan, Bupati Amran : Eceng Gondok akan Jadi Rupiah

WajoTerkini.Com, Sengkang –Acara penyerahan bantuan peralatan sarana dan prasarana pengelolaan eceng gondok Danau Tempe oleh Bupati Wajo yang merupakan bantuan dari BPDAS Jeneberang Saddang tahun 2019 di Kelurahan Salomenraleng, Ahad 29 Desember 2019.

Dari BPDAS Jeneberang Saddang yang menyampaikan bahwa terkait bantuan pengelolaan enceng gondok ini merupakan tindak lanjut dari pengelolaan Danau Tempe.

Disampaikan kalau Danau Tempe merupakan perioritas nomor satu di Indonesia dan untuk bantuan ini khusus untuk pengolahan eceng gondok, bagaimana enceng gondok itu memiliki nilai rupiah jadi eceng gondok ini mulai dipanen sampai menjadi kerajinan.

“Yang perlu kami sampaikan juga bahwa dengan alat bantuan ini, kami juga mendatangkan bersamaan dengan perahu, terus motor gandeng dengan alat pengolahan eceng gondok sekalian dengan Bimteknya dan yang kami datangkan adalah yang membuat daripada alat ini sendiri,” ungkapnya.

Bupati Wajo H. Amran Mahmud, menyampaikan bahwa hari ini masyarakat mendapatkan bantuan di dalam mengembangkan kegiatan perekonomiannya, termasuk hari ini komitmen Pemerintah untuk bagaimana memanfaatkan potensi Danau Tempe yang sudah menjadi prioritas nasional dari 15 danau yang ada di Indonesia.

“Dulu sewaktu kami menjabat sebagai Wakil Bupati Wajo, mengikuti konferensi danau,dan ada 11 Menteri yang bertanda tangan dan berkomitmen, untuk bagaimana penyelamatan Danau Tempe dan pemanfaatannya,” ungkap H. Amran Mahmud.

“Alhamdulillah komitmen Pemerintah dalam berbagai upaya bagaimana penyelamatan dengan melakukan revitalisasi, ada pengerukan, ada pembangunan pulau-pulau, sehingga kita berharap kedepan semua yang menjadi aset daerah kita bisa memanfaatkan dengan baik,” ucap Bupati Wajo

Ia juga jelaskan kalau hari ini dari BPDAS Jeneberang datang untuk memberikan perhatian kepada masyarakat untuk memanfaatkan berbagai potensi yang ada di Danau Tempe, dimana yang pernah menjadi musibah buat masyarakat, yaitu eceng gondok kini bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bernilai.

“Ini bisa menjadi uang, selain itu bisa dirubah menjadi pupuk, bisa diolah menjadi berbagai kerajinan seperti tas, tempat tisu, taplak meja, sandal hotel, jadi tidak ada yang terbuang percuma, yang selama ini hanya menjadi musibah buat masyarakat saat luapan air, dimana eceng gondok ini menjadi problematika besar buat masyarakat sekitar,”jelasnya.

Penyerahan bantuan oleh Bupati Wajo yang didampingi oleh BPDAS Jeneberang Saddang kepada penerima manfaat dan didemokan cara penggunaan alat di hadapan Bupati Wajo oleh pembuat alat ini secara langsung.( Humas Pemkab Wajo )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close