Berita TerkiniPemerintahan

Sempat Terhenti, Kabupaten Wajo Lanjutkan Distribusi Jaringan Gas Rumah Tangga

WajoTerkini.Com, Sengkang – Distribusi jaringan gas rumah tangga di Kabupaten Wajo yang terhenti pada tahun 2011 kini mulai dilanjutkan kembali. Hal ini ditandai dengan kunjungan kerja Alimuddin Baso selaku Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Minyak dan Gas Bumi dalam rangka pengaliran pertama proyek Jargas di Kabupaten Wajo tahun 2019 yang bertempat di halaman Masjid Takmirul Mukhsin Muhammadiyah Lapesongko Utara, Kamis (31/10).

Dalam sambutannya Amran Mahmud mengatakan bahwa, di Kabupaten Wajo sedang dilaksanakan pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga, sebagai salah satu proyek strategis nasional.

Senada dengan hal tersebut, Alimuddin Baso menuturkan bahwa program ini masuk dalam Strategi Nasional dan sudah dikuatkan dalam bentuk regulasi peraturan presiden Nomor 6 Tahun 2019 untuk memastika sebagai bagian bahwa program ini akan berkelanjutan. Ia pun menambahkan jika Dirjen Migas akan menambah pembangunan jaringan sekitar 5.700 tahun depan 2020 dan untuk 100% tinggal menambah 3.000.

“Kami meminta komitment Pemerintah Kabupaten untuk menjaga tata kelolanya, sehingga layanan ke masyarakat tidak terganggu, yang kedua supaya menjaga fasilitas pemerintah ini karena sangat rentan terhadap air dan kotoran, kalau sudah tersumbat maka pemanfaatannya sudah tidak dapat dimaksimalkan lagi,” harapnya.

Lebih lanjut, Amran Mahmud menjelaskan pada tahap pengembangan di tahun 2019 ini, pembangunan jaringan gas dilaksanakan pada dua kecamatan, yaitu wilayah Kecamatan Tempe, yang meliputi wilayah Kelurahan Tempe dan Kelurahan Mattirotappareng, dan untuk Kecamatan Tanasitolo yang meliputi wilayah Desa Ujung Baru, Assorajang, Pakkanna, dan Ujunge, dan berdasarkan perkembangan pembangunan jaringan, Kelurahan Tempe menjadi wilayah pertama yang telah siap untuk pengaliran gas pertama tahun 2019.

Secara sombolik hal ini ditandai dengan penandatanganan persetujuan formulir permohonan berlangganan jaringan distribusi gas rumah tangga antara pihak PT. Pertagas Niaga sebagai operator dan pihak pelanggan, disaksikan oleh direktur perencanaan  infrastruktur migas dan Bupati Wajo, serta penyalaan kompor perdana secara simbolis oleh direktur perencanaan.

Turut hadir Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Wajo, Direktur Utama PT. Perusahaan Gas Negara Tbk, President Direktur PT. Pertamina Gas, Direktur Utama PT. Pertagas Niaga, Direktur Utama PT. Wahana Krida Konsulindo, Direktur PT. Sucofindo Episi, Presiden Direktur PT. Energy Equity Epic Sengkang, Para Unsur Forkopimda Kabupaten Wajo, Ketua Pengadilan Negeri Sengkang, Ketua Pengadilan Agama Sengkang, dan Para Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Wajo. (Pemkab Wajo)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close