Berita TerkiniBerita UtamaRagam

Rayakan HJW, Ma’Jori Gelar Festival Literasi Perdana

WajoTerkini.Com, Sengkang – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Wajo (HJW) ke 621, Masyarakat Wajo Literasi (Ma’Jori) akan menggelar Festival Literasi perdananya  di Garden Coffee, Jln. H. A. Tanjong Sengkang, pada hari Minggu (29/3/2020) mendatang.

Festival Literasi Ma’Jori yang mengusung tema “Mattemmu Ada, Masseddi Gau” ini terdiri dari tiga item acara besar yakni: Talk Show, Kelas Menulis Puisi, serta Kelas Sketsa dan Pameran Seni Rupa.

Adapun para talent yang dihadirkan merupakan para putra terbaik daerah bahkan bangsa Indonesia yaitu: M. Aan Mansyur yang merupakan salah satu Sastrawan ternama Indonesia, Faisal Oddang yang merupakan Sastrawan muda Indonesia dan tak lain merupakan putra asli Wajo, Andi Rahmat Munawar yang merupakan Pemerhati Budaya di Wajo, dan Muh. Suyudi yang merupakan Pemerhati Seni asal Wajo.

Perihal persiapan acara, Koordinator Team Work, Andi Rewo Batari Wanti menuturkan bahwa acara ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi di Kabupaten Wajo serta mendorong produktivitas pemuda melalui karya seni dan sastra sebagai bagian dari kebudayaan Wajo.

Andi Rewo pun berharap dengan adanya acara ini maka dapat menjadi ruang untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta bersilaturahmi dengan siapapun juga.

“Kami berharap Ma’Jori dapat menjadi ruang belajar bersama dan bersesama bagi siapapun,” harapnya.

Senada dengan hal tersebut, pihak Penerbit Aquila, Muh. Justiawal Arif yang tergabung dalam Ma’Jori menjelaskan bahwa, acara ini merupakan wadah bagi para pegiat sastra dan penulis di Kabupaten Wajo yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat literasi para muda-mudi milenial untuk menumbuhkan budaya literasi di Era Rovolusi Industri 4.0.

Selanjutnya, Justiawal Arif mengungkapkan bahwa sejauh ini kendala persiapan acara adalah terkait pendanaan sehingga dirinya berharap pemerintah lebih peka dengan acara ini yang bertujuan untuk menggalakkan budaya literasi di Wajo.

Terakhir, ia menantikan kepedulian pemerintah daerah dengan menyiapkan fasilitas taman baca dan menjadikan Ma’Jori sebagai event tahunan.

“Semoga Ma’Jori menjadi event tahunan di setiap perayaan Hari Jadi Wajo,” tutupnya. (*)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close