AdvedtorialBerita TerkiniPemerintahanRagam

PT. Cargill dengan Pemkab Wajo Gelar Ceremony Pendistribusian dan Sertifikasi UTZ

WajoTerkini.Com, Sengkang—PT. Cargill kerjasama dengan Pemkab Wajo dalam hal ini Dinas Perkebunan Kabupaten Wajo adakan acara Ceremony pendistribusian premium tahun pertama dan program sertifikasi UTZ PT. Cargill Indonesia bagi petani kakao certificate holder di Kabupaten Wajo, dengan masa sertifikat 1 Maret 2018 sampai 28  Februari 2019 yang dilaksanakan ruang kantor Bappeda Kabupaten Wajo, Rabu (19/06/19).

Dalam acara tersebut Roni CH yang merupakan perwakilan dari pedagang Kakao menyampaikan rasa puasnya karna adanya transparansi harga dan memperpendek pasar dan memperhatikan biji kakao, dengan program ini Cargill memberikan premium kepada petani dan tetap menjaga kualitas biji.

“Dulunya tidak ada pembinaan kepada petani dan kualitas tidak diperhatikan, semoga petani kakao lebih sejahtera kedepan dan peningkatan biji kakao yang ada di Kabupaten Wajo,” ungkapnya.

Talita Wibisono yang mewakili PT. Cargil menyampaikan bahwa bangga dengan Kabupaten Wajo karena produksinya yang luar biasa

“Kami bangga dengan Kabupaten Wajo, karna banyak program kami yang tersebar di Sulawesi dan Flores dan yang terbaik ada di Kabupaten Wajo, produksi dari Wajo sangat luar biasa, sehingga jumlah premium yang akan dibagikan kepada petani bersertifikasi sebesar Rp. 727 juta,” ungkap Talita Wibisono.

Bupati Wajo H. Amran Mahmud  menyampaikan harapan, PT. Cargil bisa menghadirkan industrinya di Wajo.

“Bagaimana standar Kakao kita bisa bersertifikasi nasional sehingga nantinya bisa mencapai standar pasar internasional, PT. Cargill kedepannya bisa ekspansi ke Sulawesi dan daerah yang bertetangga dengan Sulsel, dan bila PT. Cargill bisa menghadirkan Industrinya dengan melakukan studi layak tentunya terlebih dahulu, maka kami akan wellcome,” harap H. Amran Mahmud

Bupati Wajo juga menjelaskan, jika kakao dikreasikan menjadi home industri, mengolah coklat dan membina Usaha Kecil Menengah (UKM) sehingga mencetak 10.000 enterpreneur

“kalau bisa mengolah biji kakao dan dikreasikan menjadi home industri sehingga menjadi sesuatu yang lain, mengolah coklat, membina UKM, sehingga dengan demikian mencetak 10.000 enterpreneur untuk membackup program kedepan, dan bila ada kendala sampaikan ke Pemerintah untuk dicarikan solusi, dan ucapan terima kasih atas pembinaan Cargill kepada petani di Wajo.” jelas Bupati Wajo.

Adapun pencapaian  PT. Cargill di Kabupaten Wajo Sebanyak 1261 petani kakao sudah mengikuti Sekolah lapang petani dan sebanyak 1224 petani kakao telah tersertifikasi UTZ dan bergerak di 3 Kecamatan di Kabupaten Wajo diantaranya Gilireng, Keera dan Pitumpanua.

Editor; Asrul Sani
Sumber; Humas Pemkab Wajo

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close