Legislatif

Perihatin Kondisi Bendungan Awo, Elfrianto Tinjau Lokasi

WajoTerkini.Com, Keera – Perihatin terhadap kondisi Bendungan Awo di Kecamatan Keera, Elfrianto anggota DPRD Kabupaten Wajo, tinjau lokasi. Jum’at, 21 Agustus 2020.

Anggota DPRD Kabupaten Wajo Fraksi PAN ini, menyempatkan diri untuk berkunjung dan meninjau lokasi Bendung Awo tersebut.

Kevin sapaan akrab Elfrianto mengatakan kondisi Bendungan Awo saat ini mengalami pendangkalan.

“Bendungan ini sangat penting untuk mengaliri lebih dari 5.000 ha sawah yang ada di Kecamatan Pitumpanu dan Kecamatan Keera. Sedimen atau pengendapan material yang ada dalam bendungan ini akibat kerusakan lingkungan dan erosi yang terjadi di daerah aliran sungai (DAS), sehingga mengakibatkan pendangkalan di daerah bendungan, hal ini sangat berpengaruh terhadap kinerja dan fungsi bendungan. Agar kinerja dan fungsi bendung Awo ini bisa lebih baik,”ungkap Kevin.

Menurut Kevin, dibutuhkan kegiatan dan pengadaan, pembangunan Waduk dihulu yang memiliki fungsi menyimpan air dan menahan sedimen, Reboisasi di hulu, Pembuatan pintu penguras di sebelah kiri agar sedimen bisa terbawa arus, Pompa penyedot sedimen 2 unit dan Alat Berat Ekskavator untuk menggali sedimen setiap pengurasan bendungan.

Lebih lanjut ia katakan, sejak tahun 1994 bendungan Awo beroperasi sudah perlu diadakan rehabilitasi total sehingga dibutuhkan kendaraan operasional untuk petugas bendungan agar pelayanan dan kinerja bisa lebih baik.”Semoga dapat perhatian dan bisa terwujud, Aamiin Ya Rabbal Alaamiin,”harapnya.(ASL/MY)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close