Berita TerkiniRagam

Pasca Upacara HSN, Mahasantri Ma’had Aly Ziarah ke Maqam Pung Aji Sade

WajoTerkini.Com, Sengkang – Setelah ikuti upacara Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019, Mahasantri Ma’had Aly menuju ke maqam Al-alimul Al- alamah Anregurutta Muhammad As’ad Al- Bugisi atau yang lebih dikenal dengan sapaan Pung Aji Sade, yang merupakan Pendiri Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang, Pesantren tertua di Sulawesi tanah bugis di Bulu Bellang Sengkang, Selasa 22 Oktober 2019.

Muhammad Fadlan selaku Ketua Dema Ma’had Aly As’adiyah Sengkang, mengatakan bahwa ziarah ke Maqam guru besar merupakan salah satu cara yang dilakukan santri untuk mengenang Sang Guru.

“Kegiatan ziarah ke makam AG. Puang AJi Sade’ merupakan rutinitas dari Mahasantri baik pada saat taujihad begitu pula pada saat hari santri. Selain bertabarruk dan bertawasshul ziarah ini bertujuan agar supaya Mahasantri dan Mahasantriwati mengenang kembali perjuangan Anregurutta selaku Pendiri Pondok Pesantren As’adiyah,”ucap Fadlan.

Sekedar diketahui Anregurutta Sade adalah al-Muallim al-Awwal, maha guru dari seluruh ulama bugis. Begitupun dengan pesantren di Sulawesi Selatan, semuanya memiliki jaringan spiritual serta kiblat yang sama, yaitu Madrasah Arabiyah Islamiyah (MAI) Sengkang yang kemudian dikenal dengan Pondok Pesantren As’adiyah yang mana nama itu dinisbatkan dari nama pendirinya Muhammad As’ad. MAI kala itu sebagai Pusat Islam di Sulawesi Selatan dan Sengkang sebagai Ka’batul ilmi.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close