38 Shares 979 Views

Panwascam Se-Kabupaten Wajo Diingatkan Jaga Independensi dan Netralitas

syafruddin menroja -- wajoterkini.com Oct 15, 2017
38 980

WAJO TERKINI. Com, 42 Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) yang baru dilantik diingatkan untuk menjaga Independensi dan netralitas, sebab tantangan kedepan jauh lebih berat. Pasalnya Negara memberi tugas kepada Panwaslu untuk mengawasi empat tahapan Pemilu sekaligus.

Drs. H. Laode Arumahi, MH, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan

Hal itu disampaikan Ketua Panwaslu Kabupaten wajo, Andi Bau Mallarangeng, SH, MH, setelah melantik 42 Panwascam se-Kabupaten Wajo Jumat (13/10/2017) di Glory Convention Centre.

Keempat tahapan itu lanjut Bau Mallarangeng yaitu Pilkada Bupati, Pilkada Gubernur, Pemilu Legislati dan Pemilu Presiden.

“Jangan pernah mau mencoba-coba mengabaikan lebih-lebih melanggar Independensi dan Netralitas, kalau itu sampai terjadi maka sangsi tegas akan menjadi ganjarannya” tegas Bau Mallarangeng.

Olehnya itu harap Mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Wajo Priode lalu ini, apabila Independensi, Netraliatas dan Integritas selalu terjaga maka kepecayaan masyarakat akan meningkat.

“Dengan meningkatnya Kepercayaan Masyarakat, maka Pengawasan Pastisipatif dengan melibatkan masyarakat akan mudah dilakukan” urainya.

Ketua Bawaslu Sulsel, Komisioner dan Kepala Sekretariat Panwaslu Kabupaten Wajo Bersama Panwascam Se-Kabupaten Wajo

Sementara Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sul-sel, Drs. H. Laode Arumahi, MH, mengungkapkan bahwa salahsatu strategi Pengawasan yang selama ini dilakukan adalah Pencegahan dan Penindakan.

Ternyata strategi itu sudah dimasukkan pada Undang undang Nomor 7 Tahun 2017, dulunya hanya Perbawaslu tapi kini sudah menjadi Undang undang.

Untuk itu dirinya berharap agar dalam melaksakan Pengawasan lebih banyak melakukan Pencegahan dan Penindakan.

“Kalau sudah dilakukan langkah-langkah Pencegahan lalu tidak diindahkan maka lakukan Penindakan sesuai kewenagan yang diberikan oleh Undang undang” jelasnya.

Syafruddin Menroja

 




Leave a Comment

Your email address will not be published.

Most from this category