Berita Terkini

Pagelaran Pesta Adat Desa Sogi

Wajo, Wajoterkini.com – Pagelaran Pesta Adat yang jadi rutinitas tiap selesai kegiatan panen di Desa Sogi Kecamatan Maniangpajo digelar dan menampilkan beberapa Seni Budaya yang menjadi Ikon tiap terlaksananya kegiatan Pesta Adat tersebut.

Tradisi ini bukan kali ini diadakan,namun ini dilaksanakan sejak dahulu oleh para pendahulu kami.Dan kami para generasi penerus di desa Sogi wajib meneruskan tradisi ini dengan harapan lambat laun tidak punah.Karena kami ingin kegiatan ini menjadi Kegiatan Pariwisata tiap tahunnya.” Jelas Andi Batti Werangeng (Rumpun Datu Kalola).

Pagelaran Pesta Panen Desa Sogi kali ini dihadiri PLT Camat Maniangpajo (Indirwan), Anggota DPRD Kab. Wajo ( H.Zainuddin dari Partai Golkar dan Andi Batti Werangeng dari Partai Gerindra) Kapolsek Maniangpajo, Dinas Pertanian Kec. Maniangpajo (Ahmad Sudail) Danramil Maniangpajo, Kepala Desa Sogi (Muhammad Bakri).

Dalam sambutannya, Anggota DPRD Kab.Wajo berharap pagelaran ini jadi kegiatan rutinitas di Desa Sogi dan juga bisa menjadi kegiatan yang mempererat jalinan silaturahmi antar masyarakat.

Pagelaran ini menampilkan seni Mappadendang,Mattojang,Silat,dan ditambah ajang lomba panjat pinang dan Tarik Tambang. (Sogi,9/11/2022).

Indirwan menambahkan, “Warga di desa sogi ini selain sadar pajak juga sudah mematuhi dan menerapkan tidak ada pernikahan di bawah umur.Karena memang kami sebagai pemerintah setempat tidak memberikan ijin ketika ada warga kami mau melaksanakan perkawinan di bawah umur dan ini juga tradisi kami di desa sogi ini yang patut para warganya patuhi. Tegas Camat Maniangpajo dalam sambutannya.

Harapan Camat Maniangpajo kegiatan ini juga merupakan kunjungan rutinitas Dinas Pariwisata dan menjadi perhatian tuk pengembangan kegiatan selanjutnya. (erni)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button