WajoTerkini.Com Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenegakerjaan
PemerintahanRagam

Optimalkan Pendampingan Perempuan dan Anak, DPPPA Kabupaten Wajo Gelar Pelatihan

WajoTerkini.Com, Sengkang – Optimalkan peran Petugas Pendamping, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Wajo gelar Pelatihan Petugas Pendampingan Korban Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, dibuka Selasa, 19 November 2019.

Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak, Andi Satriani, menjelaskan bahwa tugas petugas pendamping perempuan dan anak adalah memberikan rasa aman, identifikasi kondisi dan layanan yang dibutuhkan perempuan dan anak.

“Petugas Pendamping juga mempunyai tugas penjangkauan terhadap perempuan dan anak yang mengalami permasalahan, melakukan identifikasi kondisi dan layanan yang dibutuhkan perempuan dan anak yang mengalami permasalahan, melindungi perempuan dan anak dari lokasi kejadian yang dapat membahayakan dirinya, menempatkan perempuan dan anak yang mengalami permasalahan di Rumah Aman atau di P2TP2A atau pada lembaga lainnya bila diperlukan,”jelasnya.

Lanjut ia jelaskan bahwa selain tugas tersebut, petugas pendamping juga dapat berperan serta untuk mendorong Aparat Penegak Hukum agar dapat menegakkan hukum yang adil serta hukuman yang setimpal bagi pelaku kekerasan terhadap perempuan dan anak agar menimbulkan efek jera. Sehingga dengan demikian P2TP2A dapat bekerja secara optimal untuk menangani perempuan dan anak yang mengalami kekerasan atau permasalahan.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Hj. Andi Chenrara mengatakan tujuan kegiatan ini meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia dalam penanganan dan pendampingan kasus korban kekerasan serta membangun koordinasi dan jejaring yang berkesinambungan baik di tingkat Kecamatan maupun tingkat Kabupaten.

Sekedar diketahui sebanyak 30 Peserta yang terdiri dari Petugas Pendamping di Tingkat Kecamatan dan Pendamping P2TP2A Kabupaten Wajo dan adapun Narasumber dalam pelatihan ini, dari UPT P2TP2A Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Selatan, Polres Wajo, Dinas Sosial Kabupaten Wajo, Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo dan LBH Bhakti Keadilan.(*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close