Berita TerkiniPemerintahanRagam

Operasi Gratis Bibir Sumbing dan Celah Langit Langit Digelar di RSUD Lamaddukelleng

WajoTerkini.Com, Sengkang –Pemerintah Kabupaten Wajo bekerja sama dengan Yayasan CELEBES Cleft Centre dan Smile Train melaksanakan Operasi bibir sumbing gratis yang dipimpin drg. Andi Tajrin, di RSUD Lamaddukelleng. Sabtu, 4 -5 Januari 2020,

Diketahui kegiatan ini merupakan kegiatan Rutinitas yang dilakukan oleh Yayasan sebagai bagian dari Pengabdian Masyarakat sebagai bentuk upaya kesehatan “Rehabilitatif”.

Ketua Panitia pelaksana yang juga Ketua PDGI Cabang Wajo sebagai Panitia Penyelenggara Bakti Sosial Operasi Celah Bibir dan Celah Langit-langit, drg. Andi Jasriani, MARS menyampaikan bahwa Bakti Sosial Ini akan dilaksanakan kurang lebih 2 hari.

“Kurang lebih 2 hari tanggal 4 -5 Januari 2020, dengan jumlah pasien sebanyak 15 orang yang dinyatakan lolos ‘screening’ untuk dilakukan tindakan operasi,”ungkapnya.

Kegiatan operasi bibir sumbing ini terdiri atas Anak-anak dan Dewasa pada Umur 7 Bulan hingga 18 tahun.

Sementara dalam Kunjungan Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo yang mewakili Bupati Wajo di RSUD Lamadukelleng sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Wajo untuk tetap mewujudkan penyelenggaran kesehatan di semua lapisan masyarakat, termasuk Bakti Sosial ini yang tidak memungut biaya apapun pada pelaksanaanya, sebagai bagian upaya Pemerintah memastikan Standar Pelayanan Minimal bidang kesehatan dapat dirasakan oleh masyarakat,”kata H. Amiruddin A.

Andi Tajrin, M.Kes, SpBM (K) yang menangani Operasi mengatakan bahwa dari 28 (dua puluh delapan) penderita bibir sumbing, hanya 15 (lima belas) orang yang dinyatakan lolos Screening untuk dilakukan tindakan operasi.

“Pasien yang belum bisa dilakukan operasi karena pada waktu pemeriksaan didapatkan menderita batuk dan pilek dan penyakit lainnya,” katanya.

Sekedar diketahui Tim medis dalam kegiatan ini meliputi Dokter Spesialis Bedah Mulut, Residen Program Spsesialis Bedah Mulut RSGM UNHAS yang melibatkan Jajaran Direktur RSUD Lamadukelleng, Dokter Anestesi, Dokter Bedah dan Dokter Anak RSUD Lamadukkelleng termasuk semua Dokter Gigi yang ada di Kabupaten Wajo.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close