Berita TerkiniHeadlineRagam

Kesulitan Mengatur Nafas, Peserta Merak Baluran-Run 2023 Keluhkan Debu Akibat Motor Berlalu Lalang

WajoTerkini.com, SITUBONDO РGelaran Olahraga wisata atau sport tourism yang bertajuk Merak Baluran Run 2023 dengan jarak tempuh 10 kilometer, start dari depan SD Negeri 4 Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih dan finish di Pantai Sijile, Taman Nasional Baluran terbilang cukup sukses.

Namun dibalik kesuksesan acara tersebut beberapa peserta mengeluhkan soal banyaknya sepeda motor yang lalu lalang dalam lintasan membuat para peserta terganggu dan terpaksa harus menutup hidung dan menahan nafas sambil berlari akibat debu dari motor yang melintas.

“Beberapakali saya kehilangan fokus dan terpaksa menahan nafas karen banyaknya debu dari motor yang berlalu lalang, eventnya sendiri sangat bagus, ini hanya masukan bagi panitia di event – event yang akan datang hendaknya jangan memperbolehkan sepeda motor sering melintas karena debunya itu sangat menggangu bagi kami, ” ungkap peserta yang tidak ingin disebutkan namanya itu. Senin (4/12/2023).

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo Deny Wahyu Pribadi dalam sambutannya menjelaskan, ada lima kategori di event Merak Baluran Run 2023. Beberapa peserta adalah atlet putra /putra lokal nasional dan didominasi oleh peserta internasional asal Kenya Afrika.

“Jarak tempuh dalam event Merak Baluran Run 2023 ini sejauh 10 kilometer dengam rute Lintasan menyusuri jalan makadam di kawasan Taman Nasional Baluran hingga tepi pantai Bilik-Sijile,” singkat Deny.

Semnetara itu Bupati Situbondo, Karna Suswandi menyampaikan, Merak Baluran Run 2023 mengatakan, sekitar 406 pelari ikut serta dalam event tersebut, diantaranya 16 orang berasal dari luar negeri, yakni 15 orang dari Kenya dan 1 orang dari Perancis.

“Event sport tourism lari skala internasional ini juga menjadi bagian dari promosi wisata Merak-Baluran. Dengan adanya event ini diharapkan mampu menarik wisatawan untuk datang ke sejumlah wisata pantai yang ada di Kawasan Taman Nasional Baluran, Sehingga pariwisata di Kabupaten Situbondo bisa dikenal hingga ke mancanegara,” papar Bung Karna.

Ia juga menyebutkan, setidaknya ada delapan destinasi wisata bahari di kawasan Merak-Baluran. Yaitu Pantai Sijile, Pantai Bilik, Pantai Merak, Pantai Lempuyang, Pantai Kakapa, Pantai Balanan, Pantai Sirondo dan Pantai Batu Hitam yang kesemuanya tersebut berada dalam satu kawasan di TN Nasional Baluran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button