Berita TerkiniBerita Utama

Enam Wartawan Buteng Ikuti UKW di Sulsel, Lima Dinyatakan Kompeten

Wajoterkini.com, Makassar РEnam wartawan asal Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), telah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) jenjang Muda di Swiss Belhotel Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), pada tanggal 26 Р27 Juli 2022.

Pada kegiatan UKW tersebut, lima wartawan asal Buteng dinyatakan kompeten, yakni:

1. Muhammad Shabuur (Kabardesa.co.id).

2. La Anto (Wajoterkini.com).

3. Ali Tidar (Sulawesion.com).

4. Akbar Tanjung (Pojok6.id).

5. Kurniawati Ande (Kronologi.id).

UKW Sulsel tahun 2022 yang diikuti oleh 60 peserta itu difasilitasi oleh Dewan Pers, dengan melibatkan tiga Lembaga Uji (LU) Kompetensi Wartawan yang ada di Indonesia.

Tiga Lembaga Uji tersebut, antara lain: LU Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS), LU Aliansi Jurnalis Independen (AJI), serta LU Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta.

Di hari akhir pelaksanaan UKW (Rabu, 27 Juli 2022), Direktur Lembaga Penguji Kompetensi Wartawan (LPKW) Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN “Veteran” Yogyakarta, Dr. RR Susilastuti DN sempat memberikan umpan balik ilmu jurnalistik kepada kelompok wartawan yang diujinya.

Selain itu, wanita yang akrab disapa Ibu Susi ini juga menitip pesan, agar semua tambahan ilmu yang diberikannya kepada wartawan yang ia uji dapat dijadikan pegangan, guna terus menjadi wartawan yang kredibel dan profesional.

“Setelah dua hari kalian menyelesaikan 10 mata uji yang tidak mudah dan cukup sulit bagi saya, maka sebagai penguji, saya nyatakan kalian sudah kompeten,” pungkasnya, yang disambut dengan aplaus penuh semangat dari beberapa wartawan yang diujinya. (Anto Buteng)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button