WajoTerkini.Com Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenegakerjaan
Ragam

BEM STIP Prima Hadiri Pesta Panen Desa Labissa

WajoTerkini.Com —  Pelaksanaan Pesta Panen di Desa Labisse Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone, tidak hanya dihadiri oleh warga Kabupaten Bone.  Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (BEM – STIP ) Prima Sengkang juga turut hadir acara tersebut.

Dari pantauan BeritaNasional.ID, Andis selaku presiden BEM STIP yang terpilih bersama rekan-rekannya, turut hadir dalam Acara Pesta Panen yang puncak pelaksanaannya pada Ahad, (20/01.2019). Disela-sela acara, Andis menyatakan sangat terkesan dengan jiwa gotong royong masyarakat se tempat. “Saya sangat terkesan akan kesatuan dan semangat gotong royong yang dimiliki masyarakat Desa Labissa dalam mempertahankan budayanya pada penggelaran pesta panen ini, saya berharap ini bisa dicontoh bagi mahasiswa dalam hal gotong royong dan kesatuan yang dimiliki warga desa.” harap Andis

Sekedar diketahui acara pesta panen (Massempe, Mappere dan Mappadendang ) yang digelar Warga Desa Labissa, di Desa Labissa, Kec. Ajangale, Kabupaten Bone ini dilakukan antraksi “Massempe” yang merupakan suatu pertarungan dengan cara menendang ataupun menyepak lawan, sedangkan “Mappere” atau berayun pada ayunan pada tiang setinggi kurang lebih 12 meter dan tali ayunannya terbuat dari kulit kerbau yang dikeringkan sehingga menantang nyali peserta yang menaikinya untuk memukau penonton yang datang. Pesta panen ini juga digelar pertunjukan “Mappadendang” yang dimainkan oleh gadis desa dengan melakukan penumbukan gabah menggunakan alu di atas lesung ditumbuk sesuai ritme dan tempo sehingga menghasilkan suara yang teratur untuk menghibur masyarakat.

(Asrul Sani)

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close