Buton Tengah

Upacara HUT RI ke 76 Berlangsung Khidmat, Ada Beberapa Harapan Pemerintah Kecamatan Mawasangka

 

WAJOTERKINI.COM, BUTON TENGAH- Dalam momentum hari Ulang tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia (HUT RI) ke 76, Pemerintah Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) HUT RI ke 76, diawali dengan upacara pengibaran bendera merah putih yang dilaksanakan di lapangan lembah hijau Kecamatan Mawasangka Buteng.

Pelaksanaan upacara tersebut berjalan sukses dan dibanjiri apresiasi yang positif dari berbagai pihak, karena tampil berbeda dengan sebelumnya. Sahiruddin S.Pd.MM selaku Camat Mawasangka, Bertindak sebagai Inspektur upacara. Selasa, (17/08/2021).

Dalam informasi yang dihimpun Media Wajo Terkini Sahiruddin menerangkan kepada awak media, Bahwa pelaksanaan HUT RI ke 76 ini, karena kita dibatasi oleh PPKM sehingga pelaksanaan paskibraka itu saya batasi Jumlahnya dan semestinya harus lengkap, ada pasukan delapan, pasukan tujuh belas, dan pasukan empat lima tetapi yang saya turunkan hanya pasukan delapan, mengingat kita Masi dalam situasi Pandemi Covid 19.

“Berikutnya mengapa perayaan HUT RI ke 76 tahun ini, kendatipun musimnya Covid 19, akan tetapi semangat dan harapan masyarakat Kecamatan Mawasangka dan tamu undangan yang hadir sangat luar biasa dalam menyambut HUT RI ini,”bebernya.

Lanjut Sahiruddin kemerdekaan ini milik kita semua mulai dari yang tinggal dibawa kolong jembatan sampai yang tinggal dirumah mewah.

“Sehingga tamu undangan yang saya undang tidak satupun yang saya lewatkan termaksud ketua Mabes Kuta, Ketua Pemuda Aulia semua saya undang. Dan sempat ada yang bertanya kepada saya mengapa di undang saya menjawab karena kemerdekaan ini milik kita semua karena tidak bisa kita pila pilahkan dan ini milik kita semua bukan milik sekelompok orang,”ucap Sahiruddin.

Sehingga antusias masyarakat ada yang berkata kepada saya “pak camat terima kasih selama HUT RI ini mulai dari yang pertama sampai yang ke 76 ini nanti yang ke 76 ini baru z mendapatkan undangan”.

Masih kata Sahiruddin karena memang keterwakilan tokoh setiap Desa saya undang, tuju belas desa dan dua kelurahan semua mempunyai keterwakilan baik tokoh agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda.

Dan kegiatan HUT RI ke 76 ini turut juga dihadiri oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Buteng dapil Kecamatan Mawasangka antara lain
Hasrun dari partai PDIP, Sarina Afa dari partai PDIP, La India Dari partai PAN, dan Mutalib dari partai PKB.

“Dari ke empat Anggota DPRD dapil Mawasangka ini, saya menunjuk pak Mutalib dari partai PKB selaku pembaca teks Proklamasi. Dan ini insya Allah saya akan gilir kalau saya Masi dipercaya menjadi Camat di Kecamatan Mawasangka,”Imbuhnya.

“Dan mengenai anggaran kegiatan HUT RI ini berasal dari sumbangsi para Kepala Desa, kepala TK, kemudian Kepala Sekolah SD, SMP, SMA Se-Kecamatan Mawasangka ditambah dengan sumbangsi dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dapil Kecamatan Mawasangka.),”pungkasnya.

Sebelum mengakhiri ucapanya, Sahiruddin mengatakan “saya pikir ini menjadi harapan kita semua bahwa kita harus mengartikan kemerdekaan ini jangan lagi kita mengartikan dengan arti yang sempit, kalau dulu kita bebas dari penjajahan tetapi kita harus mengartikan kemerdekaan saat ini kita harus merdeka dari satu pembodohan, ketidak Adilan, merdeka dari kekumuhan, dan kita harus merdeka dari segala intimidasi.

“Kita harus mengartikan kemerdekaan dengan arti yang luas kemerdekaan ini, karena kita tidak akan lagi memikul bambu runcing seperti para pendahulu kita. Tetapi kita ini dalam mengisi kemerdekaan ini dan mengartikan kemerdekaan ini dengan artian yang luas jangan lagi mengartikan dengan yang sempit”.

Dan akhir kata dari Sahiruddin Berpesan kepada kita, bahwa kemerdekaan ini milik kita semua dan bukan milik sekelompok orang. (Rudi Ard)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker