Berita TerkiniBerita Utama

SRC Kwartir Daerah Sulsel Apresiasi Latda URC dan TRC Kwartir Cabang Wajo

WajoTerkini. Com, Sengkang — Satuan Reaksi Cepat (SRC) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah mengapresiasi pelaksanaan Latihan Dasar (Latda) Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Unit Reaksi Cepat (URC) Pramuka Peduli Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo, Sulawesi Selatan.

Saat dikonfirmasi, Muh. Ihsan Idris selaku Ketua SRC Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sulawesi Selatan yang juga hadir langsung dalam kegiatan menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka harus mengambil peran dalam pencegahan dan penanggulangan bencana di wilayahnya masing-masing.

Pramuka Peduli yang telah terbentuk di masing-masing Kwartir dapat melaksanakan tugas pokok, fungsi, peran dan tanggung jawab dalam mengelola berbagai kegiatan pramuka peduli baik itu pengembangan sumber daya manusia, pelestarian lingkungan dan kegiatan penanggulangan bencana.

Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Unit Reaksi Cepat (URC) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo dapat memiliki kemampuan, kapasitas dan pengetahuan yang mumpuni dalam hal penanggulangan bencana dan hal apapun terkait kemanusiaan.

Selama pelaksanaan kegiatan, para peserta memiliki respon yang sangat baik dan bagus, daya tangkap terhadap materi yang disampaikan sangat baik. Hal ini karena latar belakang para peserta adalah Tenaga Pendidik dan Pengajar (Guru) sehingga materi yang disampaikan dapat diketahui, dimengerti dan dipahami dengan baik.

Melalui kegiatan ini, diharapkan akan muncul anggota TRC dan URC yang mumpuni dan siap untuk ditugaskan di lokasi kebencanaan dan kemanusiaan.

Pasca Pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat mengaplikasikan dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki selama pelatihan khususnya dalam kegiatan-kegiatan pramuka peduli, kebencanaan dan kemanusiaan.

“TRC dan URC diharapkan dapat menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan berbagai Pramuka Peduli di wilayahnya masing-masing”

“Untuk itu, diharapkan para peserta dapat berkoordinasi dengan Kwartirnya untuk melaksanakan tindak lanjut khususnya pembentukan URC diwilayahnya masing-masing”

“Semoga kegiatan ini tidak hanya sampai disini, tapi ada kegiatan-kegiatan lanjutan lainnya yang dapat menambah kompetensi, kemampuan dan kualitas TRC dan URC yang ada” ungkap Muh. Ihsan Idris

Kegiatan Latda TRC dan URC Pramuka Peduli dilaksanakan di Pelabuhan Bansalae, Siwa Kec. Pitumpanua.

Kegiatan Latda TRC dan URC Pramuka Peduli dilaksanakan oleh Satuan Tugas (Satgas) Pramuka Peduli Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo, Sulawesi Selatan dengan menggunakan Metode Hybrid baik Daring/Online dan Luring/Offline.

Kegiatan tersebut diikuti oleh utusan masing-masing Kwartir Ranting yang ada di wilayah Kerja Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo (Satria Jaya)

Satria Jaya.,S.Pd.I

Seorang Pejalan Kaki yang menyukai dunia tulis menulis, fotografi dan Videografi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close