Berita Terkini

Sat Res Narkoba Polres Wajo Ujicoba Alat Tes Narkoba Melalui Air Liur

WajoTerkini.Com, Sengkang – Reserse Narkoba Polres Wajo menggelar sosialisasi pencegahan penggunaan narkoba dengan pemeriksaan saliva atau air liur menggunakan alat tes bernama Rapid, Rabu (27/01/2021).

Pemeriksaan saliva biasanya dilakukan untuk mereka yang baru atau setelah mengonsumsi narkoba,” ujar Kasat Res Narkoba Polres Wajo, Akp Mustari Alam S.Sos. saat sosialisasi.

Selama ini, uji penggunaan narkoba sering dilakukan dengan tes urine dan bagian tubuh lain seperti rambut, keringat, darah dan air liur (saliva). Pemeriksaan saliva ini menggunakan alat yakni Rapid. Menurutnya, dengan menggunakan Rapid hasilnya sangat akurat.

“Langsung bisa diketahui seseorang mengonsumsi narkoba atau tidak,” ujar Kast Res Narkoba.

Ia menerangkan, alat tes Rapid itu sistem pendeteksiannya sama seperti ‘tespack’ atau alat tes kehamilan, yakni dengan menunjukkan tanda garis satu.

Berarti orang yang diperiksa air liurnya negatif mengonsumsi narkoba. Jika menunjukkan tanda garis dua berarti yang bersangkutan positif narkoba.

Dengan alat tes Rapid pula, kerja petugas lebih sederhana. Petugas tidak perlu repot membawa orang-orang yang akan diperiksa ke toilet untuk mengambil sampel urinenya.

Mereka cukup meminta seseorang yang akan diperiksa menjulurkan lidahnya untuk dilakukan pengambilan sampel air liurnya dan menunggu beberapa saat bisa diketahui dengan cepat jika yang bersangkutan mengkonsumsi narkoba. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close