Berita Utama

Rakerda IPHI Wajo, Amran Mahmud Dorong Hadirkan Program Pemberdayaan Ekonomi

WAJO, WAJOTERKINI.COM – Bupati Wajo, Amran Mahmud, menyampaikan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) berfungsi sebagai wadah penghimpun potensi para haji untuk menyerap maupun menyalurkan aspirasi umat. Selain itu, berupaya ikut menyukseskan program pembangunan serta sebagai sarana mempererat ukhuah sesama umat.

Amran yang juga Ketua Pimpinan Daerah (PD) IPHI Kabupaten Wajo menekankan hal itu saat membuka kegiatan sekaligus memberikan materi pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Kantor Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kementerian Agama (Kemenag) Wajo, Selasa, (8/11/2022). Kegiatan ini digelar IPHI Wajo dan Majelis Taklim Perempuan (MTP) IPHI Wajo.

“Wadah ini harus terprogram dan tersistem untuk bagaimana membuat perencanaan yang sistematis yang bermanfaat langsung kepada para alumni-alumni haji maupun yang baru mau berangkat beribadah,” kata Amran.

Selain Amran, kegiatan ini turut dihadiri Ketua PD MTP IPHI Wajo, Sitti Maryam, Kepala Kantor Kemenag Wajo diwakili Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Subhan, yang juga masing-masing sebagai pemateri. Kemudian, para pengurus dan anggota IPHI dan MTP IPHI serta undangan lainnya.

Amran mengharapkan, pertemuan ini bukan hanya seremonial, tetapi bisa dirasakan manfaatnya masyarakat. Apalagi, menurutnya, animo masyarakat untuk beribadah haji dan umrah cukup tinggi. Terbukti dengan banyaknya daftar tunggu calon jemaah haji (CJH).

“Tugas kita juga membantu dalam memperlancar pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji kita,” ujar kepala yang daerah yang juga dikenal sebagai dai ini.

Amran juga meminta agar dalam program kerja IPHI disertakan program-program yang bisa memberdayakan ekonomi warga Wajo.

“Kita juga mengharapkan IPHI kecamatan segera konsolidasi dan membentuk IPHI tingkat desa dan kelurahan,” harap Amran.

Sebelumnya, panitia pelaksana, Mansurdin Aras, menjelaskan tujuan dari Rakerda ini dalam rangka konsolidasi pengurus serta membahas program kerja PD IPHI dan MTP IPHI. Selain itu, untuk menambah pemahaman dan wawasan pengurus IPHI terkait penyelenggaraan haji dan umrah.

Sekadar diketahui, Rakerda IPHI dan MTP IPHI Wajo ini dirangkaikan dengan sosialisasi kebijakan penyelenggaraan haji dan umrah 2023. (JG)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button