Berita TerkiniBerita Utama

Peserta Latda Pramuka Peduli dibekali Materi Water Rescue dan Vertical Rescue

WajoTerkini. Com, Sengkang — Peserta Pelatihan Dasar (Latda) Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Unit Reaksi Cepat (URC) Pramuka Peduli Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo, Sulawesi Selatan dibekali ateri Water Rescue dan Vertical Rescue beberapa waktu yang lalu (Sabtu, 18/09/21)

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kawasan Pelabuhan Bansalae, Siwa Kec. Pitumpanua.

Materi Water Rescue dan Vertikal rescue disampaikan langsung oleh Muh. Ihsan Idris, selaku Ketua Satuan Reaksi Cepat (SRC) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sulawesi Selatan beserta Tim.

Sebelum sesi Praktik, terlebih dahulu disampaikan materi terkait peralatan dasar yang biasa digunakan dalam melaksanakan kegiatan Water Rescue.

Peralatan dasar yang biasa digunakan dalam Water Rescue diantaranya adalah Jaket Pelampung, Helm, Dayung, Perahu Karet, Webbing, ban pengaman dan peralatan lainnya.

Kegiatan Water Rescue pada dasarnya adalah kegiatan pertolongan atau penyelamatan kepada korban yang berada di perairan baik itu di kolam, sungai maupun di laut.

Hal ini dilakukan agar para peserta dapat mengetahui dan memahami serta dapat mempraktikkan tata cara dan mekanisme pertolongan di air.

Ketika melaksanakan penyelamatan di air, seorang rescuer harus dibantu dengan berbagai peralatan bantu penyelematan.

Pada kesempatan ini, para peserta juga melakukan pratik langsung tentang pemakaian perahu karet, teknik penyelamatan dan pengangkatan korban di air, cara melempar dan menggunakan ban penyelamatan.

Untuk Materi Vertical Rescue, para peserta diperkenalkan berbagai alat yang biasa digunakan diantaranya Tali Kamantel, Webbing, Carabiner, Harness, Alat Descender dan Ascender.

Alat Descender adalah alat yang digunakan untuk membantu Rescuer untuk turun. Alat descender diantaranya Figure of Eigh, Grigri, Autostop. Selain itu, juga dibutuhkan alat untuk membantu rescuer menaiki lintasan diantaranya Jumar dan Crol

Vertical rescue biasanya digunakan untuk penyelamatan dan evakuasi korban dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi  atau sebaliknya contohnya di jurang, gua dan pegunungan.

“Selain pengetahuan alat bantu yang digunakan, rescuer harus mempunyai kompetensi dan pengetahuan yang memadai terkait penggunaan alat tersebut”

“Semoga materi Water Rescue dan Vertical Rescue yang disampaikan dapat dipahami dan mampu dipraktikkan khususnya ketika terjadi bencana”

Selain, Water Rescue dan Vertical Rescue para peserta juga diberikan materi tentang Self Contained Under Water Breathing Apparatus/ SCUBA (Perangkat Bernafas di Bawah Air), Pengenalan alat serta Praktik Scuba Diving, Pemadaman Api Ringan, Teknik Navigasi dan Pertolongan Pertama.

Kegiatan Latda TRC dan URC Pramuka Peduli dilaksanakan oleh Satuan Tugas (Satgas) Pramuka Peduli Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo, Sulawesi Selatan dengan menggunakan Metode Hybrid baik Daring/Online dan Luring/Offline.

Kegiatan tersebut diikuti oleh utusan masing-masing Kwartir Ranting yang ada di wilayah Kerja Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo (Satria Jaya)

Satria Jaya.,S.Pd.I

Seorang Pejalan Kaki yang menyukai dunia tulis menulis, fotografi dan Videografi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close