Berita Utama

Pemkab Mukomuko dan BPJS Kesehatan Tandatangani Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja

Mukomuko, Wajoterkini.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Bengkulu tandatangani Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja, sebagai upaya memperkuat komitmen dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Penandatangan tersebut dilakukan antara Bupati Mukomuko, H. Sapuan. SE. MM. Ak. CA. CPA. dengan Kepala BPJS Cabang Bengkulu, Adian Fitria.

Dalam kesempatan itu juga BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu melaksanakan Launching Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Mukomuko dalam kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat atau JKN-KIS, dan turut hadir pada giat tersebut Deputi Direksi BPJS Kesehatan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Mukomuko, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Puskesmas Sekabupaten Mukomuko, Camat dan Kepala Desa sekabupaten Mukomuko, serta perwakilan masyarakat penerima manfaat.

Bupati Mukomuko dalam sambutanya menyampaikan, UHC menyediakan jaminan kebutuhan dasar setiap orang dalam bidang layanan kesehatan. Demi tercapainya kondisi yang sehat, diperlukan peran aktif dari semua pihak. Saat ini Pemerintah juga telah membentuk program jaminan kesehatan nasional, sehingga dapat membantu masyarakat dalam kebutuhan kesehatan.

“Untuk mendukung program pemerintah ini, pihak Pemerintah Daerah telah menyiapkan anggaran untuk masyarakat dengan jaminan kesehatan dengan bekerja sama dengan pihak BPJS Kabupaten Mukomuko,” jelas Bupati.

Selain itu, Pemkab juga meminta kepada seluruh camat dan pusat pelayanan masyarakat agar dapat mensosialisasikan tentang jaminan kesehatan tersebut kepada masyarakat

Sejauh ini capaian kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di kabupaten Mukomuko mencapai 97,89 Persen. Dengan capaian tersebut, Mukomuko masuk dalam jajaran 5 besar se-Provinsi Bengkulu.

Disampaikan dr. Siti Farida Hanoum Deputi Direksi BPJS Kesehatan, penandatangan rencana kerja dan Launching Universal Health Coverage, pihak BPJS Kesehatan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah mendukung program dari BPJS.

“Keberhasilan UHC ini adalah memang dipegang oleh Kepala Daerah. Dengan launching ini, membuktikan bahwa di Kabupaten Mukomuko kesadaran masyarakat terhadap jaminan kesehatan telah tinggi,” jelas Siti Farida.

Pihaknya juga menambahkan, dengan UHC ini BPJS kesehatan ingin memastikan bahwa pelayanan kesehatan dapat tersalurkan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button