Berita Warga

Partisipasi Kwartir Ranting Maniangpajo di Jota Joti 2020

WajoTerkini.com, Tempe—Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Maniangpajo (Kwarcab Wajo, Sulawesi Selatan) ikut berpartisipasi pada kegiatan Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet (JOTI) Tahun 2020.

Kegiatan JOTA JOTI dilaksanakan pada hari Jum’at-Minggu (16-18/10/2020).

Kegiatan JOTA JOTI merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh World Organization of the Scout Movement (WOSM) yang merupakan organisasi kepanduan dunia. Selain itu, kegiatan ini juga rutin dilakukan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka cq. Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tingkat Nasional (DKN).

Saat dikonfirmasi, Yasser Arafat, S.Pd selaku Sekretaris Kwartir Ranting Maniangpajo mengungkapkan bahwa adapun peserta yang mengikuti JOTA JOTI tahun 2020 berjumlah 124 yang merupakan Pramuka Penegak dan Para Pembina yang ada di Kwartir Ranting Maniangpajo.

Ada berbagai macam kegiatan menarik yang diikuti oleh para peserta JOTA JOTI tahun 2020 diantaranya adalah serangkaian dialog, permainan, pertunjukan langsung, tantangan, pertunjukan bakat serta berkomunikasi dengan para anggota Kepanduan di Seluruh Dunia dan para pramuka dari Sabang sampai Merauke.

Untuk tantangan komunikasi, peserta diharapkan dapat berbagi informasi terkait kegiatan-kegiatan kepramukaan dimasa pandemi Covid-19. Komunikasi tersebut menggunakan aplikasi Scoutlink.IRC. Sedangkan untuk kegiatan dialog, WOSM dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menggunakan aplikasi sosial media yakni Facebook dan Instragram.

Selain itu, ada berbagai tantangan yang disiapkan diantaranya Tantangan Advokasi, Suku Bumi (Earth Tribe), Persahaban, kesehatan dan kesejahteraan, perdamaian dan komunitas serta Tantangan Pramuka Untuk Suistanable Development Goals (SDGs) atau Tujuan pembangunan berkelanjutan.

Untuk tantangan Advokasi, peserta menyelesaikan lima aktivitas terkait advokasi & kewarganegaraan digital dan memasukkan kodenya di Challenge Valley untuk menyelesaikan Tantangan Advokasi.

Tantangan Suku Bumi (Earth Tribe) berbicara tentang bagaimana kaum muda berkomitmen untuk melindungi planet kita dengan serangkaian aktivitas Suku Bumi (Earth Tribe). Untuk tantangan persahabatan, para pramuka menunjukkan pada dunia tentang berbagai aktivitas persahabatan yang mereka lakukan.

Menjaga diri kita sendiri dan orang lain sangat penting, terutama di saat-saat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pada tantangan kesehatan dan kesejahteraan ini, para Peserta diminta mempelajari beberapa informasi & keterampilan baru untuk membantu dalam menjaga kesejahteraan dan memperhatikan orang lain minimal 5 (Lima) aktivitas terkait.

Sedangkan untuk tantangan Perdamaian dan komunitas serta SDGs, para peserta belajar tentang perdamaian, inklusi, dialog, tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) sehingga menjadi pesan perdamaian/Messanger of Peace (MOP) tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia.

“Alhamdulillah Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Maniangpajo (Kwarcab Wajo, Sulawesi Selatan) dapat berpartisipasi pada kegiatan JOTA JOTI tahun 2020 ini”

“Semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi para pramuka  dalam menggunakan perangkat elektronil melalui Internet dan station radio” ungkap Pria yang juga merupakan Andalan Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo Komisi Organisasi dan Hukum/Orgakum tersebut ( Sakti)

 

Satria Jaya.,S.Pd.I

Seorang Pejalan Kaki yang menyukai dunia tulis menulis, fotografi dan Videografi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close