Pemerintahan

Kunjungi Masjid Tua Tosora, La Nyalla Mattalitti Siap Kawal Revitalisasi

 

WajoTerkini.Com, Majauleng – Tokoh Nasional La Nyalla Mattalitti kunjungi Masjid Tua Tosora Kabupaten Wajo. Jumat 28 Mei 2021.

Dalam kunjungan La Nyalla Mattalitti di Masjid Tua Tosora yang terletak di Desa Tosora Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo kurang lebih 8 Kilo Meter sebelah selatan Kota Sengkang.

H. La Nyalla Mattalitti sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) mengatakan akan mengawal Revitalisasi Masjid Tua Tosora.

Sebagaimana diketahui bahwa masjid Tua sersebut didirikan pada abad ke 13 Oleh Syekh Jamaluddin Akbar Husaini, setelah kerajaan Wajo resmi masuk Islam dan masjid tersebut dibangun secara permanen pada tahun 1621 La Sangkuru Patau Mulajaji lalu dilanjutkan La Pakalongi Arung Matoa Wajo pada saat itu dihadiri tiga pemuka Islam di Sulawesi yaitu Datu Patimang, Datu Ribandang dan Syekh Yusuf.

La Nyalla yang juga Ketua Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Timur itu juga melakukan Shalat Jum’at di Masjid Tua Tosora yang mana bertindak sebagai Khatib H. Amran Mahmud yang juga Bupati Kabupaten Wajo.

Setelah melakukan shalat jamaah Jum’at di Masjid Tua tersebut, rombongan La Nyalla lanjutkan Ramah Tamah dan makan siang di Rujab Bupati Wajo di Passanggarahang Sengkang.

Di selah selah Ramah Tamah, Bupati Wajo mengatakan bahwa masjid Tua Tosora dijadikan wisata religius dan kajian keagamaan. (NAJIB)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close