Berita Warga

Kesan Peserta Kursus Orientasi Saka Kwarcab Wajo

WajoTerkini.Com, TEMPE — Salah satu jenjang Kursus Kepramukaan yang disediakan Gerakan Pramuka adalah Kursus Orientasi Satuan Karya (Saka).

Adapun yang menjadi sasaran kegiatan Kursus Orientasi Saka tersebut adalah Para Pimpinan Saka (Pinsaka) ditingkat Cabang.

Kursus Orientasi Saka tersebut bertujuan untuk memberikan bekal dan ilmu pengetahuan tentang tata kelola dan mekanisme pembinaan pramuka di Satuan Karya.

Hal tersebut diungkapkan H. Haruna Usman.,S.Sos.,M.Si yang merupakan salah satu peserta, Kursus Orientasi Saka Tingkat Daerah Perwakilan dari Pimpinan Saka Kalpataru Cabang Wajo (Senin, 21/09/2020)

H. Haruna Usman.,S.Sos.,M.Si, Pimpinan Saka Kalpataru Cabang Wajo yang merupakan Peserta Kursus Orientasi Satuan Karya Tingkat Daerah Sulawesi Selatan

Dikatakan H. Haruna,  Satuan Karya merupakan Wadah pendidikan dan Pembinaan ditingkat Kwartir baik ditingkat Nasional, Daerah, Cabang hingga Ranting.

Salah satu tujuan dari Saka pada dasarnya adalah menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan menambah pengalaman para Pramuka Penegak (15-20 Tahun) dan Pandega (21-25T tahun) dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan.

Pada kesempatan itu, H Haruna juga menyampaikan jika salah satu Nara Sumber pada kegiatan tersebut adalah Laksamana Muda TNI (Purn) Kak Kingkin Suroso yang Merupakan Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komisi Satuan Karya (Saka), Satuan Komunitas (Sako) dan Gugus Darma.

Selain itu, Pemateri lainnya merupakan Pelatih Pembina Pramuka baik dari Pusat Pelatihan dan Pendidikan Kepramukaan Tingkat Nasional (Pusdiklatnas) dan Tingkat Daerah (Pusdiklatda) Sulawesi Selatan.

Ada berbagai macam materi yang disampaikan diantaranya Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 170.A Tahun 2008 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka, Kegiatan Menarik dan Menantang di Satuan Karya, Studi Kasus Satuan Karya dan berbagai materi  menarik lainnya.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa ada banyak update informasi tentang bagaimana tata cara dan mekanisme pengelolaan Satuan Karya khususnya di tingkat Cabang

“Untuk Saka Kalpatru Cabang Wajo akan terus berkomitmen untuk melakukan proses pembinaan dan pendidikan kepramukaan bagi para pramuka penegak dan pramuka pandega”

“Tetapi karena masa pandemic Covid-19 ini, segala kegiatan kepramukaan tetap menyesuaikan dengan Protokol Standar Kesehatan”

“Insya Allah ke depan kita akan terus melakukan peningkatan dan pengembangan kegiatan Kepramukaan khususnya di Saka Kalpataru Cabang Wajo” Ungkap H. Haruna Usman.

Kegiatan Kursus Orientasi Saka tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan  Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sulawesi Selatan.

Kegiatan tersebut diikuti Para Pimpinan Satuan Karya Tingkat Cabang Se-Sulawesi Selatan.

Untuk Kwarcab Wajo sendiri, peserta kegiatan dipusatkan di Aula Kantor PGRI Kabupaten Wajo (Sakti)

Show More

Satria Jaya.,S.Pd.I

Seorang Pejalan Kaki yang menyukai dunia tulis menulis, fotografi dan Videografi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close