Berita Terkini

Kelompok Wanita Usaha Home Industri Olah Minyak Goreng Bekas Jadi Sabun

WajoTerkini.com, BAUBAU – Salah satu kelompok wanita usaha home industri Kelurahan Lipu, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), berinovasi dengan mengolah minyak goreng bekas (minyak jelantah) menjadi sabun.

Ratna yang merupakan pengagas usaha home industri tersebut menjelaskan, ia telah menggeluti usaha pembuatan sabun sejak Oktober 2021, dengan bermodalkan pengalaman pelatihan yang dia pernah ikuti bersama komunitasnya.

Saat ini, Ratna telah mampu menghasilkan kurang lebih 200 keping sabun yang dibuat dari minyak jelantah. Ia memperoleh minyak goreng bekas yang dibelinya dari warga dengan harga Rp. 5.000 per liter.

Saat proses pembuatan sabun, ia menambahkan bahan sederhana seperti arang, soda api, pengharum dan air. Ia pun mengakui, kendala terberat adalah sukarnya memperoleh bahan baku yang berupa minyak goreng bekas.

Sebagai langkah antisipatif, ia pun giat mengunjungi rumah warga untuk memperoleh pasokan bahan baku pembuatan sabun.

“Selama menggeluti usaha ini saya pun tak pernah membeli sabun di luar lagi, cukup bisa bikin sendiri, dan ini juga tidak hanya sekedar digunakan untuk mencuci pakaian, namun bisa juga digunakan untuk mandi. Kita juga berharap, semoga kedepannya
usaha ini dapat semakin berkembang di masyarakat luas,” kata Ratna kepada WajoTerkini.com, Minggu, (10/4/2022).

Warga yang pernah memakai sabun buatan Ratna pun mengakui, sabun tersebut juga bisa menghilangkan rasa gatal pada kulit.

Ketua Pokja Sehat Kelurahan Lipu, Hamiruddin, S.Pd mengatakan, usaha pembuatan sabun yang digeluti oleh Ratna bersama kelompoknya diharapkan dapat memotivasi masyarakat lainnya dalam mengembangkan usaha home industri kecil, sehingga hal itu dapat memberikan dampak positif di bidang ekonomi.

“Semoga ini juga bisa mendapat perhatian dari pemerintah setempat kedepannya, agar kelompok-kelompok wanita inovatif dan kreatif seperti ini, bisa diberdayakan dengan memanfaatkan keterampilan yang mereka miliki,” harapnya.

Di tempat yang sama, Forum Kota Sehat Baubau melalui Korwil Kecamatan Betoambari, Hanisa mengungkapkan bahwa ia sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Ratna bersama kelompoknya.

“Kita juga sangat berharap, usaha home industri pembuatan sabun ini mendapat perhatian dan dukungan dari Pemerintah Kota Baubau maupun pihak-pihak terkait, agar kemudian bisa melakukan pendampingan terhadap usaha-usaha kecil masyarakat seperti ini,” ungkapnya.

Korwil Kecamatan Betoambari Forum Kota Sehat Baubau ini menyampaikan pula, bagi warga yang ingin memiliki keterampilan pembuatan sabun seperti Ratna dan kelompoknya, maka bisa mendatangi Pokja Sehat Kelurahan Lipu. (Anto Buteng)

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker