Berita UtamaRagam

Kelompok LTM Binaan ESSA PT PAU Ikuti Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Wajoterkini.com, BANGGAI – Kelompok Lingkar Ternak Mandiri (LTM), binaan ESSA PT. Panca Amara Utama (PAU) mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik di Desa Cendana Pura, Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai, pada Sabtu 27 Agustus 2022 kemarin.

Kegiatan ini adalah perwujudan dari peningkatan kapasitas anggota kelompok binaan yang di gelar oleh ESSA PT. PAU atas kerja sama dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng).

External Relation Officer ESSA PT. PAU, Novari Mursita mengungkapkan, kelompok LTM merupakan binaannya, yang terdiri dari 10 orang anggota dari Kelurahan Lamo dan Desa Uso.

“Pelatihan ini adalah upaya kami guna meningkatkan kapasitas sumber daya, sebagai pengetahuan dasar untuk memanfaatkan limbah ternak, agar menjadi bermanfaat pada sektor pertanian dan kelompok itu sendiri,” ungkapnya dalam press release yang diterima Wajoterkini.com pada Minggu, (28/8/2022).

Kepala Dinas TPHP Drs. Subhan Lanusi dalam pembukaan kegiatan Pelatihan Sistem Pemeliharaan Ternak dan Pengelolaan Pupuk Organik Terintegrasi, di balai pertemuan Desa Cendanapura memberikan apresiasi kepada ESSA PT. PAU.

Diketahui, luas lokasi pertanian di Kabupaten Banggai kurang lebih mencapai 27.461,85 hektar.

“Harapannya, melalui kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik ini dapat membantu pemerintah dalam memberikan solusi untuk mengatasi kekurangan pupuk di Kabupaten Banggai,” kata Subhan.

Sementara itu, Ketua Kelompok POS BIDIK, Gendon Prabowo dalam pemaparan materi tentang gejala tanah yang sudah tidak produktif dan manfaat dari penggunaan pupuk organik, memberikan penjelasan secara lugas bahwa penggunaan pupuk organik dengan baik dapat memberikan sumber nutrisi pada tanah.

“Juga dapat menjaga kualitas tanah dan prodak pertanian, sehingga kita bisa bersaing dengan produk-produk pertanian unggulan di luar Kabupaten Banggai,” ujarnya.

Ketua kelompok Lingkar Ternak Mandiri, Muhammad Amin mengucapkan terimakasih kepada ESSA PT. PAU dan Dinas TPHP, yang telah memfasilitasi kegiatan Pelatihan Sistem Pemeliharaan Ternak dan Pengelolaan Pupuk Organik Terintegrasi.

Kelompok Lingkar Ternak Mandiri adalah satu-satunya kelompok yang berkosentrasi dengan metode breeding.

“Kita akan menjaga hubungan baik dengan pihak yang bersangkutan, guna menjalin sinergitas dengan instansi terkait sebagai kelompok percontohan, dan akan memberikan dampak citra yang baik terhadap ESSA PT. PAU kepada Pemerintah Kabupaten Banggai,” pungkasnya. (Anto Buteng)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button