Berita Utama

Hadiri Pelantikan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Wajo, Bupati Beri Apresiasi

WajoTerkini.Com, Sengkang – Pelantikan dan pengukuhan Pokdarkamtibmas Bhayangkara daerah Kabupaten Wajo, dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Rabu (03/02/2021) pukul 09.00 Wita.

 

Pelantikan Pokdarkamtibmas Resor Wajo, dihadiri Dirbimmas Polda Sulawesi Selatan, Kombes Pol H.Andi Heru Santos, bersama rombongan dan Ketua Pokdarkamtibmas Sulawesi Selatan, Ketua Pokadar Kamtibmas Polda Sulawesi Selatan Tamrin Messa juga bersama rombongan, dan untuk Kabupaten Wajo dihadiri oleh Bupati Wajo, Wakil Bupati Wajo, Kapolres Wajo, Dandim 1406 Wajo, para Kapolsek serta camat .

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mengedepankan Protokol Kesehatan dengan ketat. Sebelum acara dimulai terlebih dahulu Kasat Bimmas Polres Wajo, AKP Hasanuddin Leo menyampaikan permohonan maaf kepada para tamu undangan yang tidak semuanya bisa memasuki ruangan pelantikan.

 

Ketua Pokdarkamtibmas Kabupaten Wajo, Andi Muspida, dalam sambutannya mengatakan Pelantikan Pokdarkamtibmas  Resor Wajo merupakan wujud komitmen untuk turut ambil bagian dan mendukung penuh kinerja kepolisian dalam membina  kesadaran masyarakat, menciptakan keamanan dan ketertiban.

 

“Kehadiran Pokdarkamtibmas merupakan angin segar, sebagai organisasi yang dibina langsung oleh Kepolisian Republik Indonesia. Pokdarkamtibmas Bhayangkara harus andil dalam berbagai problem di tengah masyarakat, yang berkaitan langsung dengan kesadaran masyarakat, terutama  keamanan dan ketertiban,” kata Andi Muspida.

 

Sementara itu Ketua Pokdarkamtibmas Polda Sulawesi Selatan Tamrin Messa dalam sambutannya mengatakan pembetukan Pokdarkamtibmas Bayangkari ini didasari dengan surat Keputusan Kapolri yakni Skep/831/XI/2005 tanggal 25 November 2005 tentang Pedoman Pembentukan Pokdarkamtibmas dan diperkuat dengan telegram Kapolri ST/2492/XI/HUK.6.5/2019 tanggal 18 September 2019 tentang mendorong pembentukan pokdarkamtibmas tingkat daerah, resort, ranting dan pendayagunaan serta pembinaan.

 

Lanjut Tamrin Messa bahwa hakekatnya organisasi ini adalah mitra Polri dan pemerintah, pada umumnya sebagai ujung tombak fungsi prefentif kepolisian di masyarakat.

 

Terakhir Tamrin mengatakan bahwa ia menitipkan kepada Kapolres, Bupati serta seluruh jajarannya untuk dapat membina dan mengurus anggota yang dari tingkat resort, sektor dan sub sektor agar dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga membantu menanggulangi berbagai macam gangguan Kamtibmas dan menciptakan lingkungan aman dan nyaman.

 

Hal senada diungkapkan oleh Dirbimmas Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol H. Andi Heru Santos, mengucapkan permintaan maaf kepada panitia dan tamu undangan karena semuanya tidak bisa masuk akibat dari penerapan protokol kesehatan.

 

“Sebagai aparat kita harus menjadi contoh kepada masyarakat,” ujarnya.

 

Dirbimmas lanjut menuturkan bahwa tugas  organisasi Pokdarkamtibmas dibentuk, sebagai pengembang fungsi Kepolisian terbatas, untuk menciptakan Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang kedua meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat dan bergerak aktif menciptakan keamanan di lingkungan masing-masing dan membangun  budaya tangkal segala macam gangguan kamtibmas.

 

Bupati Wajo, Amran Mahmud dalam sambutannya juga mengatakan

bahwa apa yang menjadi mimpinya akhirnya bisa diwujudkan dengan hadirnya Pokdarkamtibmas di Kabupaten Wajo, yang akan menjadi partner dan mitra.

 

Amran Mahmud juga menuturkan kalau banyak dinamika sosial di masyarakat,  dengan hadirnya Pokdarkamtibmas akan menjadi garda terdepan untuk membantu pemerintah dalam melakukan pendekatan emosional kepada masyarakat dan seluruh komponen masyarakat yang bisa berkolaborasi memberi sosialisasi, mengedukasi, agar semua program pemerintah, masyarakat bisa tercerahkan.

 

Terakhir Amran kembali memberikan ucapan selamat kepada pengurus yang baru saja dilantik.

 

“Melihat dan mendengar nama-nama pengurus banyak yang saya kenal, saya yakin mereka semua adalah penggiat sosial,” ungkapnya. (Said Hs)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close