Berita TerkiniBerita Utama

Duta Perubahan Perilaku Garda Terdepan Penanggulangan Covid-19

WajoTerkini. Com, Sengkang —Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan dan Penanganan Covid-19 mengajak seluruh lapisan masyarakat, termasuk Anggota Gerakan Pramuka untuk menjadi Garda Terdepat untuk mendukung Pemerintah dalam menanggulangi dan mencegah penyebaran Covid-19.

Untuk membantu Pemerintah dalam adaptasi kebiasaan baru, maka penting untuk melakukan Perubahan Perillaku, maka dibutuhkan agen-agen Duta Perubahan Perilaku Pramuka yang diharapkan tulus ikhlas sesuai dengan kode kehormatan Pramuka dapat ikut serta dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hal ini diungkapkan oleh Siti Maryana, yang merupakan Duta Perubahan Perilaku Pramuka ketika menjadi salah satu Nara sumber pada kegiatan Latihan Dasar (Latda) Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Unit Reaksi Cepat Pramuka Peduli yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo, Sulawesi Selatan beberapa waktu yang lalu (Rabu, 15/09/21).

Ia juga mengungkapkan bahwa semakin banyak Duta Perubahan Perilaku khususnya dilingkup Gerakan Pramuka, diharapkan akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Protokol Kesehatan, agar Indonesia Kembali Sehat.

Cara ampun untuk melawan penyebaran Covid-19 dapat dilakukan dengan kegiatan 3M (Memakasi Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) dengan 3T (Tes, Teusur dan tindak lanjut) serta Vaksinasi.

Duta Perubahan Perilaku adalah telada bagi masyarakat dallam menerapkan protokol standar kesehatan yakni 3M (Memakai masker dengan baik dan benar, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta mencuti tangan dengan air yang mengalir menggunakan sabun)

Tugas Duta Perubahan Perilaku adalah melakukan edukasi dan sosialisasi Covid-19, Protokol standar kesehatan, Penerapan 3M, 3T dan Vaksinasi, berperan serta dalam posko pencegahan dan penanggulangan Covid-19 baik ditingkat desa dan kelurahan serta melaporkan perkembangannya melalui Aplikasi Bersatu Lawan Covid-19 (BLC)

Duta Perubahan Perilaku dapat melakukan tugas dan tanggungnya jawabnya dimanapun, kapanpun dengan menyesuaikan wilayah masing masing baik dengan edukasi secara langsung maupun melalui medial sosial yang dimiliki.

“Seluruh lapisan masyarakat dapat bergabung menjadi Duta Perubahan Perilaku mulai dari Individu, Komunitas sampai instansi termasuk Anggota Gerakan Pramuka”

“Untuk itu, saya mengajak seluruh anggota Gerakan Pramuka khususnya Kwartir Cabang Wajo untuk menjadi bagian dari Duta Perubahan Perilaku”

“Mari kita bersama-sama bersatu melawan Pandemi Covid-19 dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan dan melaksanakan vaksinasi” Ungkap perempuan yang biasa disapa Kak Nana.

Kegiatan Latda TRC dan URC Pramuka Peduli dilaksanakan oleh Satuan Tugas (Satgas) Pramuka Peduli Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo, Sulawesi Selatan dengan menggunakan Metode Hybrid baik Daring/Online dan Luring/Offline.

Kegiatan tersebut diikuti oleh utusan masing-masing Kwartir Ranting yang ada di wilayah Kerja Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo. (Erni)

Satria Jaya.,S.Pd.I

Seorang Pejalan Kaki yang menyukai dunia tulis menulis, fotografi dan Videografi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close