AdvedtorialButon Tengah
Trending

Dukung Pembangunan Ponpes Hidayatullah Lombe, Pemda Buteng Sumbang 100 Sak Semen

WajoTerkini.com, BUTON TENGAH – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), turut mendukung pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatullah Lombe.

Bupati Buteng H. Samahuddin, SE melalui Sekretaris Daerah (Sekda), H. Kostantinus Bukide, SH., M.Si didaulat meletakkan batu pertama pada pembangunan Masjid At-Taufiq, lingkup Pesantren Hidayatullah Lombe, di Lingkungan XII, Kelurahan Watulea, Kecamatan Gu pada Rabu, 27 Sya’ban 1443 H (30/3/2022).

Sekda Buteng H. Kostantinus Bukide saat meletakkan batu pertama pembangunan Masjid At-Taufiq Pesantren Hidayatullah Lombe.

Peletakkan batu pertama Masjid At-Taufiq yang berdiri di atas tanah hasil wakaf keluarga H. La Baheri seluas 1,5 hektar tersebut, sekaligus sebagai launching pembangunan pondok pesantren Hidayatullah Lombe.

Turut hadir dalam acara yang digelar oleh Pesantren Hidayatullah Lombe itu antara lain, Kepala Dinas (Kadis Sosial) Abidin, S.Pd., M.Si, Camat Gu Muliadi, S.Pd., MM, Lurah Watulea La Mira, ST, perwakilan Danramil 1413-10/Gu, perwakilan Kapolsek Gu, Pengurus DPW dan DMW Hidayatullah Sulawesi Tenggara, serta sejumlah tokoh masyarakat.

Sebagai bentuk dukungan untuk pengembangan Pesantren Hidayatullah Lombe, Sekda Buteng Kostantinus Bukide dan Kadis Sosial Abidin, masing-masing menyumbang 50 sak semen, sehingga total sumbangan awal dari Pemda Buteng sebanyak 100 sak semen.

Dalam sambutannya, Sekda Buteng H. Kostantinus Bukide mengatakan, Pemda Buton Tengah menyambut baik pendirian Pesantren Hidayatullah Lombe, di Kelurahan Watulea, Kecamatan Gu.

“Dengan berdirinya Pesantren Hidayatullah Lombe ini, insyaAllah akan membentuk komunitas-komunitas kebaikan di Buton Tengah dalam bentuk lembaga pendidikan pesantren, yang tentunya akan semakin menambah jumlah pesantren yang ada di Buton Tengah,” ujarnya.

Atas nama Pemda Buteng, ia juga berharap agar semua pihak bisa memberikan dukungan positif terhadap kehadiran pondok pesantren Hidayatullah Lombe di Kecamatan Gu.

Ketua DPD Hidayatullah Kabupaten Buton Tengah, Ustadz Muhammad Nurdin, SE sebelumnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi, terutama kepada H. La Baheri selaku pemberi wakaf tanah lokasi berdirinya Ponpes Hidayatullah Lombe.

Alumni Ponpes Hidayatullah Kendari ini juga mengungkapkan bahwa pihaknya menargetkan agar pembangunan Ponpes Hidayatullah Lombe bisa rampung di tahun 2022.

“Untuk gedung sekolah kita akan bangun 2 lokal dulu sebagai langkah awal. Di Ponpes Hidayatullah Lombe ini targetnya kita untuk bangunan permanen satu lokal, dan bangunan semi permanen juga satu lokal,” ungkapnya.

Ustadz Muhammad Nurdin juga menuturkan, rencananya Ponpes Hidayatullah Lombe mulai menerima santri/santriwati perdana untuk tingkat SMP di tahun ajaran baru 2023 mendatang.

Ia juga menuturkan, meskipun di Kecamatan Mawasangka saat ini juga terdapat Ponpes Hidayatullah, tapi dia sebagai Ketua DPD Hidayatullah Kabupaten Buton Tengah ingin melebarkan sayap Hidayatullah di Lombe Kecamatan Gu, bahkan di seluruh Buton Tengah.

“Di Hidayatullah Lombe, targetnya kita minimal santri itu mampu menghafal Al-Qur’an 5 juz dalam satu tahun. Kita nanti akan membuka sampai di tingkatan SMA, sehingga ketika santri menyelesaikan pendidikannya di pesantren Hidayatullah maka mereka sudah mampu menghafal Al-Qur’an sampai 30 juz,” tuturnya.

Jebolan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Kendari ini juga berharap, pembangunan Ponpes Hidayatullah Lombe bisa mendapat dukungan dari berbagai kalangan, baik dukungan secara moril maupun materil.

“Kita juga terbuka kepada masyarakat, siapa yang mau beramal jariyah, bisa menyumbangkan materi, pikiran, supaya bagaimana Hidayatullah Lombe bisa sejajar dengan pesantren-pesantren yang ada, khususnya di Sulawesi Tenggara, bahkan di Indonesia pada umumnya,” ujarnya.

Selain itu, Ketua DPW Hidayatullah Sulawesi Tenggara, Ustadz Ahmad Syahroni, S.HI., S.Pd.I juga menyampaikan beberapa hal atas kesyukuran berdirinya Ponpes Hidayatullah Lombe di Kecamatan Gu yang bisa dijadikan lembaga pembinaan umat manusia.

“Wadah terbaik buat pendidikan masa kini adalah Pesantren. Dibutuhkan kebersamaan dari semua unsur untuk pembangunan Pesantren Hidayatullah Lombe. Kita juga berharap ada dukungan dari Pemda Kabupaten Buton Tengah untuk terus bersinergi dalam pengembangan Pesantren ke depan,” pungkasnya. (Anto Buteng)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close