Liputan Khusus

Dakwah Tidak Boleh Terhalang Covid-19

WajoTerkini.Com, Sengkang – Suasana Covid-19 dengan konsep New Normal (Tatanan Hidup Baru) mempengaruhi sejumlah aktivitas termasuk Aktivitas ibadah dan dunia pendidikan keagamaan juga terkena imbasnya.

Pemberlakuan protokol Covid-19 dalam pelaksanaan ibadah dan kegiatan pendidikan keagamaan lainnyapun ikut mengalami perubahan, salah satunya yaitu metode dakwah kepada masyarakat khususnya ummat Islam.

Terkait hal itu, menurut KM. H. Asmar Lambo, S.Hi., S.Sos., M.Si., MM., selaku ketua Da’i Muda se Asia tenggara, mengatakan bahwa bagaimanapun keadaannya dakwah itu tidak boleh berhenti.

“Dakwah tidak boleh berhenti, karena agama itu adalah nasehat, kapan nasehat sudah tidak ada ditengah ummat maka tidak ada lagi menjadi pembaharu iman kepada ummat,”jelas Asmar Lambo pada saat ditemui di kantornya di Aslam Group Jl. Jendral Sudirman Sengkang (24/11).

Owner Aslam Group itu juga menjelaskan apalagi kalau cuma persoalan Covid-19 tidak sama sekali dakwah terhalang karena covid-19.

Menurut da’i muda ini, bahwa ada 2 sistem yang bisa kita jalankan dalam berdakwah di tengah new normal ini yaitu: Tetap Tatap Muka dengan Protokol kesehatan atau kita bisa manfaatkan teknologi.

Dakwah tatap muka tengah pendemi covid-19

Dakwah tengah pandemi covid-19 dengan cara tatap muka tidak ada larangan dari pemerintah, namun ada prosedur yang musti dilalui yaitu harus menerapkan Protokol kesehatan dengan memperhatikan 3 M. Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak.

“Terkait mencuci tangan itukan persoalan kebersihan, agama Islam sangat-sangat menganjurkan menjaga kebersihan,”ucap Asmar Lambo.

Untuk diketahui, Da’i Muda Asmar Lambo ditengah Pandemi Covid-19 ini ia tetap padat jadwal, bahkan baru-baru ini ia melakukan safari dakwah ke Riau.

Dakwah dengan memanfaatkan Teknologi

Dakwah dengan memanfaatkan teknologi ditengah Pandemi ini sangat -sangat relevan yaitu bisa live langsung, bisa juga melalui zoom.

“Dalam dunia dakwah itu kita harus kuasai semua lini, termasuk teknologi karena kapan kita tidak melek teknologi maka kita bisa terhapus oleh zaman,”jelas pemilik travel haji dan umroh itu.

Memang ustadz Asmar Lambo ditengah Pandemi ini aktif memberikan kajian keagamaan kepada Masyarakat dan Mahasiswanya di IAI As’adiyah Sengkang, live melalui Cahannel Aslam TV dan zoom.(yahya)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close